Sabtu, Juli 20, 2024

Creating liberating content

Tutup Usaha Akibat Corona,...

Jakarta, Limbahnews.com - Wabah virus corona di Indonesia membuat dunia usaha mati suri,...

Coca-Cola Bangun Pabrik Daur...

Jakarta, Limbahnews.com - Coca-Cola Amatil Indonesia (Amatil Indonesia) dan Dynapack Asia melakukan pembangunan...

Adhi Karya Bidik Pendapatan...

Jakarta, Limbahnews.com - PT Adhi Karya Tbk (ADHI) mengincar pendapatan berulang atau recurring...

E-Commerce Akui Penjualan Bahan...

Jakarta, Limbahnews.com - E-commerce B2B resin atau biji plastik pertama di Indonesia, Tokoplas.com...
BerandaLimbahLimbah Pohon Zaitun...

Limbah Pohon Zaitun Jadi Bahan Alternatif untuk Suku Cadang Mobil

Limbah pohon zaitun dihasilkan dari proses produksi minyak zaitun.

Produsen mobil asal Amerika Serikat, Ford sedang berupaya untuk mengurangi penggunaan plastik, dengan memanfaatkan limbah pohon zaitun dan biokomposit untuk membuat suku cadang mobil.

Inisiatif ini terinspirasi oleh uji coba yang dilakukan sebagai bagian dari proyek COMPOlive. Proyek ini bertujuan untuk membawa perubahan lingkungan dalam produksi zaitun melalui daur ulang dan dukungan terhadap ekonomi sirkular.

Limbah pohon zaitun yang digunakan oleh Ford adalah cabang, ranting, kulit dan daun, yang tersisa dari proses produksi minyak zaitun. Bahan-bahan ini diperoleh dari kebun zaitun di Andalusia, Spanyol, sebuah wilayah yang diyakini memiliki produksi minyak zaitun tertinggi di dunia, menurut pemerintah daerah setempat. 

Selanjutnya, Ford menguji kegunaan dan daya tahan suku cadang mobil yang dihasilkan dari limbah pohon zaitun di kantor pusat Ford Eropa di Cologne, Jerman.

Dalam pengujiannya, para insinyur menggunakan teknologi simulasi untuk menilai kegunaan pohon zaitun dalam hal daya tahan, kekuatan, dan kemampuan untuk dibentuk. Setelah dikonfirmasi, mereka melanjutkan dengan pembuatan prototipe pijakan kaki, yang terdiri dari 40 persen serat dan 60 persen plastik polipropilen daur ulang.

Prototipe ini ditempatkan di dalam mesin yang mengubahnya menjadi suatu zat. Bentuk cairnya dipanaskan, dan menggunakan injektor, dibentuk menjadi bentuk bagian-bagian mobil yang dipilih.

Ford mengklaim bahwa selama tahap pengujian, para insinyur berhasil memproduksi suku cadang mobil yang kuat dan tahan lama. Dilansir dari Designboom.com, Ford kini sedang menjajaki produksi massal suku cadang mobil yang terbuat dari limbah pohon zaitun untuk digunakan pada kendaraan listrik.

Dalam sebuah pernyataan, Ford memuji penggunaan limbah pohon zaitun untuk membuat suku cadang mobil, karena dapat membantu mengurangi penggunaan plastik dalam pembuatan suku cadang. Selain itu, langkah ini berkontribusi terhadap udara yang lebih bersih di daerah setempat dengan menghindari pembakaran sebagai sarana pembuangan limbah. 

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...