Sabtu, Juli 20, 2024

Creating liberating content

DKI Jakarta Larang Kantong...

Ilustrasi sampah plastik di TPS Sunter Koja, Jakarta. (Ist)Jakarta, Limbahnews – Bebeharapa hari...

INOV Yakin Industri Daur...

Jakarta, Limbahnews.com - Emiten yang bergerak di bidang daur ulang sampah botol plastik...

Investasi Plastik Ramah Lingkungan,...

Jakarta, Limbahnews.com - PT Cheil Jedang Indonesia (PT CJ Indonesia) kembali mengembangkan investasi...

Ancaman Investasi Kabur Usai...

Jakarta, Limbahnews.com -- Sejumlah pengamat melihat ancaman hambatan investasi masuk ke Indonesia melalui...
BerandaLimbahMengenal Aquafaba: Alternatif...

Mengenal Aquafaba: Alternatif Telur dari Limbah Dapur 

Aquafaba memiliki ciri khas kental, agak lengket, dan berbusa jika dikocok, sama seperti putih telur.

Aquafaba merupakan salah satu cara untuk mengurangi limbah dapur, dengan memanfaatkan bahan yang biasanya kita buang, menjadi hidangan lezat.

Apa Itu Aquafaba?

Aquafaba secara harfiah berarti “air kacang” dalam bahasa Latin. Ini merupakan pengganti telur dan putih telur yang sangat baik, sehingga cocok untuk siapa saja yang alergi terhadap telur atau vegan.

Cairan ini diperoleh dari air sisa dari kacang polong kaleng, atau rebusan kacang polong. Ini memiliki ciri khas kental, agak lengket, dan berbusa jika dikocok, sama seperti putih telur.

Karakteristik inilah yang menjadikannya pilihan ideal sebagai pengganti telur dalam pembuatan makanan berbasis telur, seperti mousse, marshmallow, pavlova, dan berbagai kue yang memerlukan struktur yang stabil dan lembut. Selain itu, aquafaba juga dapat digunakan dalam pembuatan mayonaise, aioli, dan berbagai saus lainnya.

Menurut biggerbolderbaking.com, restoran vegan mewah bahkan menggunakannya sebagai pengganti putih telur dalam koktail klasik seperti wiski asam atau gin fizz yang enak, dan bahkan bisa digunakan dalam cappuccino!

Apakah Aquafaba Memiliki Manfaat Kesehatan?

Aquafaba mengandung sejumlah nutrisi penting yang mendukung kesehatan tubuh, termasuk vitamin B6 dan B9 (folat). Kedua vitamin ini berperan penting dalam metabolisme sel dan pembentukan DNA, serta dapat membantu menjaga kesehatan otak dan sistem saraf. Selain itu, folat sangat penting bagi ibu hamil untuk mencegah cacat tabung saraf pada janin.

Ini juga mengandung zat besi, yang merupakan komponen penting untuk membantu transportasi oksigen dalam tubuh, yang sangat dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh dan mencegah anemia. Ada juga Fosfor, mineral esensial yang berperan dalam pembentukan tulang dan gigi, serta mendukung fungsi sel dan jaringan.

Tak hanya itu, aquafaba juga mengandung lemak sehat, seperti asam linoleat dan oleat. Asam lemak ini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan jantung dan dapat membantu mengatur kadar kolesterol. Oleat juga dikenal memiliki efek positif terhadap kesehatan kardiovaskular.

Manfaat Lingkungan

Penggunaan aquafaba bisa membantu mengurangi limbah dapur, karena kita memanfaatkan bahan yang sebelumnya sering kita buang.

Dengan demikian, dengan menggunakan aquafaba, kita tidak hanya mendapatkan hasil masakan yang lezat dan sehat, tapi juga berkontribusi pada pelestarian lingkungan, meskipun tampak seperti hal sederhana.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...