Minggu, Juli 21, 2024

Creating liberating content

Ancaman Investasi Kabur Usai...

Jakarta, Limbahnews.com -- Sejumlah pengamat melihat ancaman hambatan investasi masuk ke Indonesia melalui...

Indonesia Buang Makanan Rp...

Bogor, Limbahnews.com - Konsumsi makanan yang melebihi angka produksi memunculkan banyak permasalahan, mulai...

Pemerintah Beri Insentif PPN,...

Jakarta, Limbahnews.com - Pemerintah saat ini terus memperbaiki ekosistem industri daur ulang sampah...

Limbah Sawit PTPN II...

Jakarta, Limbahnews.com - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) II, anak perusahaan PT Perkebunan Nusantara...
BerandaLimbahCara Membuat Lilin...

Cara Membuat Lilin Aromaterapi dari Minyak Jelantah

Membuang minyak jelantah juga dapat menimbulkan efek negatif bagi air dan tanah.

Minyak jelantah adalah minyak goreng bekas yang telah digunakan dalam menggoreng makanan. Proses tersebut menyebabkan minyak terpapar panas dan oksigen, yang dapat mengubah kualitas minyak dan membuatnya bersifat karsinogenik. 

Hal ini membuat minyak jelantah tidak boleh digunakan kembali untuk memasak, karena bisa menimbulkan risiko kesehatan, termasuk kanker.

Namun, membuang minyak jelantah juga dapat menimbulkan efek negatif bagi lingkungan. Jika mengalir ke saluran pembuangan, ini bisa mencemari sumber air dan tanah. 

Pencemaran air oleh minyak jelantah dapat merugikan ekosistem akuatik dengan menghambat pertumbuhan mikroorganisme dan kehidupan ikan. Selain itu, ketika minyak mencapai tanah, bahan ini dapat merusak struktur tanah dan menyebabkan degradasi lahan.

Oleh karena itu, penting untuk mengambil langkah-langkah yang bertanggung jawab dalam penanganan dan daur ulang minyak jelantah untuk mengurangi dampak negatifnya pada lingkungan. Salah satunya adalah mengolahnya menjadi lilin aroma terapi.

Membuat Lilin Aromaterapi dari Minyak Jelantah

Lilin aromaterapi telah menjadi pilihan populer untuk menciptakan suasana yang nyaman dan menenangkan di dalam ruangan. Selain itu, ini juga memiliki manfaat kesehatan karena mengandung minyak esensial.

Untuk membuat lilin aromaterapi dari minyak jelantah, ikuti panduan berikut ini:

Bahan-bahan

  • Minyak jelantah
  • Wadah dan sumbu lilin
  • Kulit pisang: Untuk memurnikan minyak
  • Stearin atau lilin bekas: Untuk meningkatkan kepadatan lilin
  • Minyak esensial: Untuk memberikan aroma pada lilin
  • Pewarna (opsional)

Langkah pembuatan:

  • Bersihkan kulit pisang dan potong kecil-kecil
  • Masukkan kulit pisang ke dalam wadah berisi minyak, dan simpan selama 4-5 hari.
  • Saring minyak jelantah, dan campurkan dengan stearin. Perbandingannya adalah 15:20. Artinya 15 ml minyak dan 25 gr stearin.
  • Tempatkan lilin dalam wadah tahan panas, lalu panaskan menggunakan metode double boiler atau microwave, hingga semua bahan meleleh dan tercampur sempurna.
  • Setelah lilin meleleh, biarkan selama beberapa saat agar suhunya turun.
  • Tambahkan minyak esensial ke dalam campuran. Jumlahnya bisa disesuaikan sesuai preferensi aroma yang diinginkan. Sebagai panduan, tambahkan sekitar 3 hingga 4 tetes minyak esensial per 45 gram lilin.
  • Jika ingin lilinya lebih cantik, tambahkan sedikit pewarna.
  • Gunakan spatula atau sendok kayu untuk mencampur semua bahan. Pastikan agar minyak tercampur dengan baik untuk mendapatkan aroma yang konsisten.
  • Tuangkan campuran lilin ke dalam cetakan, dan letakkan sumbu di bagian tengah.
  • Biarkan lilin mendingin dan mengeras.

Proses pembuatan lilin aromaterapi dari minyak jelantah mudah bukan? Menariknya, ini bukan hanya cara kreatif untuk menghasilkan produk yang dapat meningkatkan suasana di sekitar kita, tapi juga memberikan kontribusi positif terhadap keberlanjutan.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...