Kamis, Juli 11, 2024

Creating liberating content

E-Commerce Akui Penjualan Bahan...

Jakarta, Limbahnews.com - E-commerce B2B resin atau biji plastik pertama di Indonesia, Tokoplas.com...

Coca-Cola Bangun Pabrik Daur...

Jakarta, Limbahnews.com - Coca-Cola Amatil Indonesia (Amatil Indonesia) dan Dynapack Asia melakukan pembangunan...

Limbah Sawit PTPN II...

Jakarta, Limbahnews.com - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) II, anak perusahaan PT Perkebunan Nusantara...

Potensi Pasar Masih Besar,...

German - Indonesian Forum on Potential Cooperation in Indonesia's Recycling Sector (Econid)Jakarta, Limbahnews.com...
BerandaLimbahCara Membuat Kaldu...

Cara Membuat Kaldu Bubuk dari Kulit dan Kepala Udang

Kaldu bubuk kulit udang ini bisa digunakan sebagai penyedap rasa

Saat membuat hidangan dari udang, jangan membuang kulit dan kepalanya yah! Bahan-bahan ini bisa diolah menjadi kaldu bubuk, yang bisa melezatkan masakan.

Cara ini akan membantu kamu mengurangi sampah dapur, sekaligus menghemat uang belanja. Selain itu, kaldu ini lebih sehat karena bebas MSG (Monosodium Glutamat) dan juga tanpa bahan pengawet.

Untuk membuat kaldu bubuk, yang kamu butuhkan hanya kulit dan kepala udang saja. Tapi jika ingin lebih gurih, bisa ditambahkan bumbu aromatik seperti bawang putih atau bawang bombay, dan sedikit garam.

Cara Membuat Kaldu Bubuk Kulit Udang

Pertama-tama, pastikan kulit dan kepala yang akan diolah masih segar dan tidak berbau. Buang kumisnya, dan bilas dengan air mengalir hingga bersih, lalu tiriskan.

Jika kamu ingin membahkan bawang putih, cincang bawang putih 6-8 siung bawang putih (untuk 1 kg kulit udang).

Sangrai kulit dan kepala udang bersama dengan bawang putih. Gunakan api kecil dan lakukan sampai kulit udang kering. Kamu juga bisa menggunakan air fryer atau oven agar lebih praktis.

Setelah kering, matikan api dan biarkan selama beberapa saat hingga dingin. Setelah itu blender semua bahan hingga halus. Dalam tahap ini, kaldu yang dihasilkan mungkin masih agak sedikit basah. Kamu bisa menyangrainya kembali hingga benar-benar kering.

Setelah itu, blender kembali hingga kaldu menjadi halus. Jika perlu ayak dan belender kembali jika masih ada yang menggerindil.

Selanjutnya masukkan kaldu bubuk udang ke dalam wadah kedap udara.

Kaldu bubuk udang ini bisa digunakan sebagai penyedap rasa, menggantikan micin, kaldu ayam, ataupun kaldu jamur. Ini bisa digunakan untuk berbagai jenis hidangan, termasuk olahan daging, sayur, kuah bakso, nasi goreng, aneka tumisan, dll. Selamat mencoba!

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...