Kamis, Juli 11, 2024

Creating liberating content

Danone AQUA-Veolia Bangun Pabrik...

Dokumentasi pencanangan pabrik (Ist)Pasuruan, Limbahnews.com - Pabrik daur ulang botol PET (Polyethylene Terephthalate)...

Coca-Cola Bangun Pabrik Daur...

Jakarta, Limbahnews.com - Coca-Cola Amatil Indonesia (Amatil Indonesia) dan Dynapack Asia melakukan pembangunan...

Garap Investasi, NTB Bakal...

Mataram, Limbahnews.com - Organisasi nirlaba Classroom of Hope bertemu Wakil Gubernur NTB Sitti...

INOV Yakin Industri Daur...

Jakarta, Limbahnews.com - Emiten yang bergerak di bidang daur ulang sampah botol plastik...
BerandaLimbahSiswi SMP di...

Siswi SMP di Makassar Berhasil Olah Limbah Jadi Ecobrick

Ecobrik dapat difungsikan sebagai meterial bangunan, furnitur dan dekorasi, proyek seni dan kerajinan, pembatas tanah atau taman, dll.

Andi Nisfatul Aira, seorang siswi kelas IX dari Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 29 Makassar berhasil mengubah limbah plastik menjadi Ecobrick.

Ecobrik merupakan blok ramah lingkungan, yang terbuat dari botol plastik, diisi dengan sampah kering. Ini dapat difungsikan sebagai meterial bangunan, furnitur dan dekorasi, proyek seni dan kerajinan, pembatas tanah atau taman, dll.

Dikutip dari Antaranews.com, Aira mengatakan bahwa dia mulai belajar membuat Ecobrick saat berusia 10 tahun. Dia juga harus melewati prosesnya cukup panjang hingga akhirnya upaya membuahkan hasil.

“Saya ikut Training of Trainer Ecobrick Online selama lima pekan. Semua sesi diikuti dan tugas serta praktikum saya kerjakan,” katanya, seraya menjelaskan bahwa selama sesi pelatihan tersebut dia menerima materi tentang plastik, biosfer dan ecobrick. 

Dengan bekal pengetahuan dari training itulah Aira terus melakukan percobaan demi percobaan untuk membuat ecobrick, hingga akhirnya berhasil.

Proses Pembuatan Ecobrick

Aira menjelaskan bahwa proses pembuatan ecobrick sebenarnya cukup sederhana. Kita hanya perlu mengisi botol plastik dengan berbagai jenis plastik bekas lainnya yang sudah bersih dan kering.

Plastik ini kemudian dikepak menggunakan stik dari bambu, dan dimasukkan ke dalam botol. Namun, agar ecobrick berhasil, itu memerlukan teknik supaya kepadatannya pas.

Apa yang dilakukan oleh Aira bisa memberikan kontribusi dalam mengurangi jumlah sampah di Indonesia. Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), total timbunan sampah di Indonesia adalah 36,1 juta ton/tahun. Dari total produksi sampah tersebut, sebanyak 22,9 juta ton/tahun (63.53%) berhasil dikelola, sementara 13,17 juta ton sisanya (36.47%) tidak dikelola.

Selain berhasil membuat ecobrick, Aira sudah memiliki banyak prestasi di bidang lingkungan. Dia ditunjuk sebagai Duta Zero Waste di MIWF Benteng Rotterdam pada tahun 2019. 

Dia juga telah menjadi pembicara dalam berbagai acara dan pelatihan lingkungan hidup, seperti Maritime Leadership Camp 2021 by The Floating School, Maritime Leadership Camp 2022, Peacetval Peace With Nature di FIP UNM 2023 dan masih banyak lagi.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...