Rabu, Juli 24, 2024

Creating liberating content

Anthony Pratt, Miliarder Daur...

Jakarta, Limbahnews.com - Bukan rahasia lagi bagi turunan Yahudi menguasai ekonomi dunia. Rupanya...

Bank Dunia Soal Daur...

Jakarta. Limbahnews.com - Negara-negara Asia Tenggara merugi sebanyak US$ 6 miliar atau Rp...

Imbas Corona, Industri Daur...

Ilustrasi sampah plastik impor (Artalab.id)Jakarta, Limbahnews.com - Pengusaha Jawa Timur (Jatim) mulai...

Adhi Karya Bidik Pendapatan...

Jakarta, Limbahnews.com - PT Adhi Karya Tbk (ADHI) mengincar pendapatan berulang atau recurring...
BerandaLimbah7 Tips Mengurangi...

7 Tips Mengurangi Sampah Selama Perayaan Natal

Sampah rumah tangga biasanya meningkat sekitar 30% saat Natal, yang bersumber dari kardus, botol atau pohon natal.

Perayaan Natal adalah momen yang penuh suka cita. Namun, musim liburan ini seringkali diiringi dengan peningkatan jumlah sampah. Menurut BBC, sampah rumah tangga biasanya meningkat sekitar 30% saat Natal, yang bersumber dari kardus, botol atau pohon natal.

Menghadapi tantangan lingkungan ini, penting bagi kita untuk merayakan Natal tanpa menghasilkan banyak sampah. Berikut tujuh tips praktis menikmati momen Natal dengan penuh kegembiraan tanpa meninggalkan banyak sampah yang merugikan lingkungan.

Dekorasi Ramah Lingkungan

Hindari dekorasi Natal sekali pakai. Sebaliknya, pilihlah dekorasi yang dapat digunakan kembali di tahun-tahun berikutnya. Atau pertimbangkan untuk membuat dekorasi sendiri menggunakan bahan-bahan daur ulang.

Pohon Natal Alami

Jika memungkinkan, pertimbangkan menggunakan pohon Natal hidup, yang dapat ditanam kembali setelah perayaan berakhir atau pilih alternatif pohon Natal buatan yang dapat digunakan berkali-kali.

Gunakan Pembungkus Kado Berkelanjutan

Untuk membungkus hadiah Natal untuk orang terkasih, hindari menggunakan pembungkus dan pita berbahan plastik. Pilihlah pembungkus berbahan kertas dan tali bambu untuk mengikatnya.

Berikan Hadiah Habis Pakai

Perimbangkan untuk memberikan hadiah habis pakai, seperti  perawatan tubuh yang terbuat dari bahan-bahan organik dan ramah lingkungan. Atau, untuk pecinta kopi atau teh, berikan paket kopi atau teh berkualitas tinggi dalam kemasan yang dapat didaur ulang.

Bawa Tas Belanja saat Belanja Perlengkapan Natal

Untuk mempersiapkan Natal, orang-orang pasti akan membeli berbagai perlengkapan, hadiah dan bahan makanan. Selama proses ini, bawalah tas belanja dan hindari menggunakan kantong plastik.

Gunakan Lilin Natal Ramah Lingkungan

Salah satu bagian paling menenangkan dari musim liburan adalah membakar lilin beraroma di rumah. Namun, banyak lilin tidak bagus untuk lingkungan. Jadi, pilihlah lilin yang menggunakan lilin kedelai, kelapa, atau lobak, serta lilin beraroma alami dengan minyak esensial, atau lilin yang menggunakan kapas, rami, atau sumbu kayu.

Hindari Pemborosan Makanan

Perayaan Natal juga identik dengan memasak berbagai hidangan. Namun, hal ini bisa menimbulkan banyak sampah makanan. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya buat meal plan yang cermat. Selain itu, pilih bahan makanan lokal dan musiman untuk hidangan Natal. Ini akan membantu mengurangi jejak karbon dan mendukung ekonomi lokal. 

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...