Kamis, Juli 25, 2024

Creating liberating content

E-Commerce Akui Penjualan Bahan...

Jakarta, Limbahnews.com - E-commerce B2B resin atau biji plastik pertama di Indonesia, Tokoplas.com...

Botol PET Wajib Pakai...

Jakarta, Limbahnews.com - Asosiasi Industri Air Minum Dalam Kemasan (Aspadin) menyatakan kewajiban menggunakan...

Ramadan Dongkrak Penjualan AMDK,...

Jakarta, Limbahnews.com - Industri Air Minum dalam Kemasan (AMDK) di Indonesia mulai bergerak...

Circulate Capital Luncurkan Pendanaan...

Mountrash membangun kemitraan dalam pengelolaan sampah plastik di Indonesia.Jakarta, Limbahnews.com - Circulate Capital...
BerandaFoodMengenali Manfaat Buah...

Mengenali Manfaat Buah dan Sayur dari Warnanya!

Warna buah dan sayur yang beragam mencerminkan nutrisi yang tersembunyi di dalamnya.

Warna buah dan sayur yang beragam ternyata bukan hanya sekadar estetika belaka, melainkan petunjuk nutrisi yang tersembunyi di dalamnya. 

Warna-warna tersebut berasal dari bahan kimia alami pada tumbuhan yang dikenal sebagai fitokimia. Ini adalah bahan kimia yang diproduksi secara alami oleh tumbuhan, dan berperan penting dalam melindungi tanaman dari bakteri, virus, atau serangga. Beberapa bahan kimia ini juga menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan manusia, jika dikonsumsi.

Mari kita lihat manfaat kesehatan buah dan sayur berdasarkan warnanya!

Hijau

Dilansir dari halaman Health.harvard.edu, buah dan sayuran berwarna hijau seperti bayam, alpukat, asparagus, kangkung, dan teh hijau, kaya akan bahan kimia penghambat kanker seperti sulforaphane, isothiocyanates, dan indoles, yang menghambat kerja karsinogen (senyawa penyebab kanker). Sayuran berwarna hijau juga mengandung banyak potasium dan vitamin K yang melindungi jantung, yang membantu proses pembekuan darah, serta membantu menjaga kesehatan penglihatan dan kekuatan tulang dan gigi.

Merah

Sayuran berwarna merah seperti stroberi, semangka, paprika merah, dan ceri mengandung Likopen, antioksidan yang membantu meningkatkan sirkulasi darah, membersihkan tubuh dari zat beracun, memblokir pembentukan gumpalan berbahaya, mengurangi pembentukan plak kolesterol dan melindungi DNA kita.

Kuning

Jeruk nipis, pisang, lemon, nanas dan mangga termasuk dalam keluarga sayuran berwarna kuning. Mereka mengandung Lutein, yang sangat baik untuk membersihkan darah dan usus, memperkuat pembuluh darah, menyembuhkan luka dan merangsang produksi sel darah putih.

Orange

Buah berwarna orange termasuk buah persik, wortel, dan jeruk orange. Mereka mengandung Betakaroten, yang membantu memperkuat penglihatan dan memerangi penyakit kulit dan alergi. Selain itu, mereka menghambat pembentukan prostaglandin inflamasi, zat yang berasal dari asam lemak.

Ungu dan Biru

Kelompok buah-buahan berwarna ungu atau biru adalah blueberry, terong, kol ungu, dan bit. Mereka mengandung Antosianin, yang menjaga keseimbangan tekanan darah, mendukung tindakan perbaikan enzim, menghalangi pembentukan karsinogen dan merangsang produksi sel darah putih.

Putih

Sayuran berwarna putih bawang bombay mengandung allicin yang memiliki sifat anti tumor. Makanan lain dalam kelompok ini mengandung antioksidan flavonoid, yang baik untuk jantung dan membantu mengontrol kadar kolesterol.

  • Explore tags ⟶
  • Buah

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...