Kamis, Juli 25, 2024

Creating liberating content

Sektor Makanan dan Minuman...

Jakarta, Limbahnews.com - Sejumlah tantangan harus dihadapi industri plastik hilir. Sebut saja terimbas...

Turis Asing Kapok ke...

Ilustrasi potensi wisata di Indonesia.Bintan, Limbahnews.com - Environment Estate Departemen Nirwana Resort...

INOV Yakin Industri Daur...

Jakarta, Limbahnews.com - Emiten yang bergerak di bidang daur ulang sampah botol plastik...

Tutup Usaha Akibat Corona,...

Jakarta, Limbahnews.com - Wabah virus corona di Indonesia membuat dunia usaha mati suri,...
BerandaRagam5 Bunga yang...

5 Bunga yang Bisa Dimakan dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Tidak semua bunga bisa dimakan, karena ada yang juga beracun

Bunga tidak hanya menjadi elemen hias semata, tapi juga bisa dikonsumsi. Warna dan aromanya yang wangi akan menyajikan cita rasa yang unik dan aroma yang menggoda pada masakan. Bahkan, beberapa bunga memiliki kandungan nutrisi tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua bunga bisa dimakan, karena ada yang juga beracun. Jika kamu bertanya-tanya bunga apa saja yang bisa dimakan dan apa manfaatnya bagi kesehatan jika dikonsumsi, baca artikel ini sampai habis yah!

Bunga yang Bisa Dimakan

Berikut lima bunga yang bisa dimakan, dan manfaatnya untuk kesehatan:

Bunga Kembang Sepatu

Bunga kembang sepatu biasanya tumbuh di iklim tropis. Mereka umumnya tumbuh sepanjang 6 inci (15 cm) dan hadir dalam beragam warna, termasuk merah, putih, kuning, dan merah muda.

Bunga ini memiliki banyak varietas, tapi yang dapat dimakan dikenal sebagai rosella atau Hibiscus sabdariffa. Bunga ini bisa dimakan langsung dari tanamannya, tapi umunya diseduh sebagai teh, manisan, selai, atau salad.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bunga kembang sepatu dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk lebih memahami bagaimana bunga ini dapat mendukung kesehatan jantung.

Dandelion 

Dandelion memiliki bunga kecil, berdiameter sekitar 2-4 cm, yang terdiri atas banyak kelopak kecil berwarna kuning cerah. 

Bunga ini terkenal sebagai gulma taman yang membandel. Di lain sisi, ini juga dapat dimakan dan bergizi tinggi, serta juga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan.

Menariknya, bukan hanya bunganya yang bisa dimakan. Menurut Healthline.com, setiap bagian dari bunga ini, termasuk akar, batang, dan daunnya, bisa dikonsumsi.

Ada banyak pilihan untuk memakan dandelion. Bunganya dapat dimakan mentah, baik dimakan sendiri atau dimasukkan ke dalam salad. Ini juga bisa dilapisi tepung roti dan digoreng atau digunakan untuk membuat jeli.

Akarnya sering direndam untuk membuat teh, sementara daunnya dapat dikonsumsi mentah sebagai salad atau topping sandwich. Mereka juga dapat dimasak dalam semur, casserole atau hidangan lain yang membutuhkan sayuran hijau.

Lavender 

Lavender paling dikenal karena wanginya yang khas, yang bisa memberikan efeknya menenangkan. Bunga ini dapat ditambahkan ke berbagai makanan, termasuk makanan yang dipanggang, infused sirup, teh herbal, dan campuran herbal. Ini cocok dipadukan dengan bahan-bahan yang manis dan gurih, termasuk jeruk, buah beri, rosemary, thyme, dan cokelat.

Mawar

Mawar memiliki terdiri dari lebih 150 spesies, dan semuanya bisa dimakan. Namun, tidak semua mawar memiliki rasa yang sama. Selain itu, perlu dicatat bahwa hanya kelopaknya saja yang bisa dimakan, sementara daun dan batangnya tidak.

Kelopak bunga mawar memiliki rasa yang sangat aromatik dan sedikit manis. Ini dapat dimakan mentah, dicampur ke dalam berbagai buah atau salad hijau atau dikeringkan dan ditambahkan ke granola atau campuran herbal.

Kelopak mawar segar juga dapat dihaluskan dan ditambahkan ke dalam minuman, dibuat selai, dan jeli beraroma mawar.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa tertentu dalam mawar dapat berperan dalam mengurangi kecemasan dan meningkatkan relaksasi.

Chamomile 

Chamomile telah digunakan dalam masakan dan pengobatan tradisional selama berabad-abad. Secara medis, chamomile sering dikonsumsi untuk mengurangi kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur.

Bunga ini sering sekali dinikmati dalam bentuk teh. Namun, ini juga dapat digunakan untuk membuat sirup, smoothie atau makanan penutup.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...