Kamis, Juli 11, 2024

Creating liberating content

Naksir Pengolahan Limbah Tambang,...

Ilustrasi pemulihan lahan bekas tambang (Mikrobios.id)Jakarta, Limbahnews.com - PT PP Presisi Tbk (PPRE)...

Jepang Ingin Impor Limbah...

Ilustrasi pengolahan limbah sawit (Mikrobios.id)Medan, Limbahnews.com - Jepang tertarik mengimpor limbah dari kelapa...

Circulate Capital Luncurkan Pendanaan...

Mountrash membangun kemitraan dalam pengelolaan sampah plastik di Indonesia.Jakarta, Limbahnews.com - Circulate Capital...

Eka Sari Lorena Masuk...

Jakarta, Limbahnews.com - PT Eka Sari Lorena Transport Tbk (LRNA) tengah menjajaki bisnis...
BerandaRagamPeduli Dampak Fast...

Peduli Dampak Fast Fashion: Pikirkan Hal ini Sebelum Beli Pakaian Baru

Industri fashion terus bergerak dengan cepat. Siklus desain, produksi, dan tren mode yang terus-menerus berganti, membuat kita tanpa sadar menimbun pakaian di lemari.

Masalahnya, produksi pakaian menimbulkan masalah lingkungan yang signifikan. Dengan demikian, perilaku konsumtif kita akan berdampak pada kesehatan bumi.

Menurut Oxfam, fast fashion menghasilkan lebih banyak emisi karbon per menit dibandingkan dengan mengendarai mobil keliling dunia sebanyak enam kali.

Oleh karena itu, kita perlu mengambil tindakan untuk mengurangi dampak negatif ini, salah satunya dengan bijak dalam berbelanja pakaian baru.

Pertimbangan Sebelum Membeli Pakaian Baru

Sebelum membeli pakaian baru, pikirkan matang-matang dengan mempertimbangkan hal-hal berikut ini:

Apakah itu serbaguna?

Tanyakan pada diri sendiri, apakah pakaian itu bisa dipadu padankan dengan banyak pakaian? Atau apakah itu hanya “satu item pakaian saja”? Jika jawabannya yang terakhir, maka sebaiknya tidak usah dibeli.

Apakah hanya mengikuti trend?

Pakaian yang mengikuti trend umumnya hanya bisa dipakai dalam waktu singkat, karena akan tergantikan dengan model dan trend baru. Meskipun sah sah saja memakai pakaian yang sudah ketinggalan zaman, tapi kita mungkin enggan memakainya, dengan alasan malu.

Seberapa sering saya memakainya?

Ada jenis pakaian tertentu yang hanya bisa dipakai sekali dua kali, misalnya baju pesta atau kebaya. Daripada membeli baju baru setiap kali akan menghadiri pesta, mengapa tidak menyewanya saja?

Apakah bahannya tahan lama?

Sebaiknya pertimbangkan kualitas bahan pakaian sebelum membelinya, untuk memastikan itu awet dipakai untuk waktu yang lama.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...