Rabu, Juli 24, 2024

Creating liberating content

Tutup Usaha Akibat Corona,...

Jakarta, Limbahnews.com - Wabah virus corona di Indonesia membuat dunia usaha mati suri,...

Bahlil Ingin Kemudahan Izin...

Aktivitas industri jangan mengabaikan lingkungan hidup.Jakarta, Limbahnews.com - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal...

Turis Asing Kapok ke...

Ilustrasi potensi wisata di Indonesia.Bintan, Limbahnews.com - Environment Estate Departemen Nirwana Resort...

Circulate Capital Luncurkan Pendanaan...

Mountrash membangun kemitraan dalam pengelolaan sampah plastik di Indonesia.Jakarta, Limbahnews.com - Circulate Capital...
BerandaRagam5 Sayuran yang...

5 Sayuran yang Lebih Bernutrisi Setelah Dimasak

Ada sayuran yang justru lebih sehat jika dimasak daripada mentah

Kamu pasti sering mendengar saran kesehatan bahwa sayuran penuh sehat dimakan mentah dari pada di masak karena proses memasak membuat nutrisinya berjuang. Tapi, ternyata hal ini tidak berlaku untuk semua jenis sayuran.

Itu karena ada sayuran tertentu yang justru lebih sehat jika dimasak daripada mentah. Kami akan membahas jenis sayuran tersebut dalam artikel ini, jadi lakukan membaca yah!

Labu

Sepertinya memang tidak ada orang yang memakan labu mentah. Dilansir dari Treehugger, labu yang dimasak memiliki berbagai jenis antioksidan yang luar biasa, seperti beta-karoten, yang lebih mudah diserap setelah dipanaskan.

Asparagus

Proses pemasakan asparagus dapat meningkatkan nutrisinya, seperti vitamin A, vitamin C, dan folat. Selain itu, mengolah asparagus dengan cara memasak juga dapat memecah senyawa-senyawa tertentu yang mungkin sulit dicerna saat mentah.

Sebuah studi yang diterbitkan di International Journal of Food Science & Technology menemukan bahwa memasak asparagus dapat meningkatkan nutrisi, termasuk antioksidan pelawan kanker, sebesar lebih dari 16 persen.

Penelitian lain yang diterbitkan di International Journal of Molecular Sciences menemukan bahwa memasak asparagus meningkatkan dua jenis asam fenolik lebih dari dua kali lipat, yang menurut beberapa penelitian dikaitkan dengan tingkat kanker yang lebih rendah.

Tomat

Memasak tomat akan mencegah dinding sel tomat dan melepaskan antioksidan likopen. Asupan likopen yang tinggi  telah dikaitkan  dengan penurunan risiko kanker dan serangan jantung. Meski demikian, memasak tomat dapat mengurangi kandungan vitamin C-nya.

Wortel

Sebuah studi dari University of Arkansas menemukan bahwa wortel yang dimasak memiliki kadar beta-karoten yang lebih tinggi. Saat dikonsumsi, tubuh kita mengubah beta-karoten menjadi vitamin A.

Vitamin A penting untuk banyak fungsi dalam tubuh manusia, termasuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan penglihatan.

Jamur

Memasak jamur akan melepaskan nutrisi yang dikandungnya, termasuk protein, vitamin B, dan mineral. Selain itu, cara memasaknya juga berpengaruh. Menurut sebuah penelitian dari Spanyol menemukan bahwa saat jamur dimasak dengan microwave atau panggangan, kandungan polifenol dan aktivitas antioksidan meningkat secara signifikan.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...