Kamis, Juli 25, 2024

Creating liberating content

Peluang Bisnis Pengelolaan Limbah...

Jakarta, Limbahnews.com - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) melihat adanya potensi untuk terlibat...

INOV Yakin Industri Daur...

Jakarta, Limbahnews.com - Emiten yang bergerak di bidang daur ulang sampah botol plastik...

Ancaman Investasi Kabur Usai...

Jakarta, Limbahnews.com -- Sejumlah pengamat melihat ancaman hambatan investasi masuk ke Indonesia melalui...

Potensi Pasar Masih Besar,...

German - Indonesian Forum on Potential Cooperation in Indonesia's Recycling Sector (Econid)Jakarta, Limbahnews.com...
BerandaRagamAlga Bisa Jadi...

Alga Bisa Jadi Sumber Protein Berkelanjutan di Masa Depan

Alga mungkin makan menjadi makanan pokok di masa depan, seiring dengan pertumbuhan populasi manusia dan kebutuhan protein untuk memenuhi gizinya.

Mungkin terdengar mengada-ngada, tapi hal ini disimpulkan oleh studi baru yang dilakukan oleh penelitian di Universitas California, dan diterbitkan di Frontiers in Nutrition pada 19 Januari 2023.

Peneliti mengatakan bahwa alga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Kandungan proteinnya berkisar antara 27% hingga 70% (sebagai perbandingan, telur hanya mengandung sekitar 13%, dan daging sekitar 22%) dan sangat mudah dicerna. Ini juga kaya akan vitamin dan mineral, serta merupakan sumber asam lemak omega-3, yang saat ini ditemukan pada ikan.

Dan yang lebih penting, ini dapat ditanam dengan cara yang lebih berkelanjutan dibandingkan sistem pertanian yang ada saat ini. Beberapa strain alga dapat tumbuh di air asin atau air payau, dan bahkan air limbah dari peternakan sapi perah.

“Banyak dari kita telah mengetahui potensi alga untuk makanan selama bertahun-tahun, dan telah mengerjakannya sebagai sumber makanan, namun sekarang, dengan adanya perubahan iklim, penggundulan hutan, dan populasi delapan miliar orang, hampir semua orang menyadari bahwa dunia harus menjadi lebih efisien dalam produksi protein,” kata Dr Stephen Mayfield, salah satu penulis studi dan direktur Pusat Bioteknologi Alga California, dalam siaran persnya.

Alga mengacu pada berbagai organisme akuatik, mulai dari rumput laut raksasa dan rumput laut hingga organisme mikroskopis bersel tunggal. Namun penelitian ini secara khusus berfokus pada budidaya mikroalga, yaitu ribuan spesies alga mikroskopis, spesies alga lainnya seperti cyanobacteria yang ditemukan di berbagai lingkungan perairan.

Kamu mungkin bertanya-tanya, bagaimana cara alga dikonsumsi? Menurut Mayfield, ini bisa dijadikan protein curah dan dicampur ke dalam semua jenis produk untuk meningkatkan kandungan protein.

Alga juga bisa diolah menjadi makanan tertentu, seperti mie yang dicampur dengan alga. Ini sudah tersedia secara komersial. Bisa juga berupa tepung ikan, dimana alga ditambahkan ke dalamnya untuk meningkatkan kandungan omega-3nya.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...