Kamis, Juli 25, 2024

Creating liberating content

Tipping Fee Bantargebang Rp...

Bekasi, Limbahnews.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi bakal menerima uang sebesar Rp 379...

Angkasa Pura Properti dan...

Medan, Limbahnews.com - PT Angkasa Pura Properti, salah satu anak perusahaan PT Angkasa...

Jepang Ingin Impor Limbah...

Ilustrasi pengolahan limbah sawit (Mikrobios.id)Medan, Limbahnews.com - Jepang tertarik mengimpor limbah dari kelapa...

Indonesia Buang Makanan Rp...

Bogor, Limbahnews.com - Konsumsi makanan yang melebihi angka produksi memunculkan banyak permasalahan, mulai...
BerandaRagamPeran Penting Kupu-Kupu...

Peran Penting Kupu-Kupu Bagi Lingkungan

Kupu-kupu memainkan peran penting dalam mendukung keberlanjutan ekosistem

Kupu-kupu membuat dunia menjadi lebih berwarna. Sayapnya yang indah dan jalur terbangnya yang memukau memberikan sentuhan keindahan alam yang istimewa. Namun kupu-kupu bukan hanya sekadar elemen estetika bagi alam.

Di balik kecantikannya, kupu-kupu memainkan peran penting dalam mendukung keberlanjutan ekosistem. Mereka membantu penyerbukan bunga, dan menyediakan sumber makanan bagi hewan lain. Mari kita lihat lebih dalam mengenai peranan kupu-kupu bagi lingkungan!

Penyerbukan Tanaman

Kupu-kupu dewasa meminum nektar dari bunga tanaman. Selama proses ini, serbuk sari menempel pada tubuh mereka. Saat mereka pindah dari satu bunga ke bunga lainnya, mereka meneransfer serbuk sari tersebut, sehingga memungkinkan terjadinya reproduksi.

Proses penyerbukan ini tidak hanya bermanfaat bagi tanaman itu sendiri tetapi juga bagi hewan-hewan lain di dalam ekosistem. Buah hasil penyerbukan memberikan sumber makanan bagi berbagai jenis hewan dan manusia, menciptakan rantai makanan yang seimbang.

Menurut Sciencing.com, sekitar sepertiga makanan yang dikonsumsi manusia bergantung pada kerja penyerbuk seperti kupu-kupu.

Menjaga Organisme Tetap Terkendali

Kupu-kupu pada tahap larva, atau ulat, memakan daun tanaman inang. Ulat memiliki corong kunyah yang memungkinkan mereka memakan dedaunan dengan cepat, menggunakannya sebagai sumber energi saat larvanya tumbuh. Beberapa ulat juga memakan bunga atau biji polong. Akibatnya, mereka dapat membantu tanaman kehilangan daun sebelum musim gugur, atau membantu mencegah spesies tanaman tertentu berkembang biak di luar kendali.

Selain itu, ada spesies kupu-kupu tertentu yang membantu mengendalikan populasi kutu daun dengan memakannya. Spesies kupu-kupu dewasa lainnya memakan buah-buahan yang membusuk, bangkai atau kotoran hewan, sehingga membersihkan lingkungan dari limbah.

Bagian dari Siklus Makanan

Pada setiap tahap siklus hidupnya, kupu-kupu bisa menjadi sumber makanan bagi beberapa hewan, terutama burung dan serangga pemangsa. Burung menyukai ulat kupu-kupu karena geraknya lambat dan mudah ditangkap. Mereka bahkan lebih rentan dari predator selama masih kepompong, karena hanya menempel pada batu, tanaman, atau bangunan, tanpa bisa menyelamatkan diri dari bahaya.

Indikator Lingkungan yang Sehat

Kupu-kupu sangat sensitif terhadap habitat dan perubahan iklim. Oleh karena itu, ilmuwan menggunakan ada atau tidaknya kupu-kupu sebagai alat untuk memprediksi sehat atau tidaknya suatu ekosistem. 

Bentuk dewasa dan larva kupu-kupu sensitif terhadap pestisida. Selain itu, perubahan iklim juga memberikan dampak signifikan pada populasi kupu-kupu. Fluktuasi suhu dan pola curah hujan yang berubah dapat mempengaruhi migrasi kupu-kupu, mengubah pola dan waktu perpindahan mereka.

Dengan demikian, observasi terhadap respons kupu-kupu terhadap faktor-faktor akan memberikan wawasan tentang kondisi ekologis lokal, dan menyoroti dampak lebih luas perubahan iklim terhadap keberlanjutan dan keseimbangan ekosistem.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...