Minggu, Juli 21, 2024

Creating liberating content

Ramadan Dongkrak Penjualan AMDK,...

Jakarta, Limbahnews.com - Industri Air Minum dalam Kemasan (AMDK) di Indonesia mulai bergerak...

PD PAL Minta Dana...

Jakarta, Limbahnews.com - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi mengkritisi permintaan anggaran...

Jepang Ingin Impor Limbah...

Ilustrasi pengolahan limbah sawit (Mikrobios.id)Medan, Limbahnews.com - Jepang tertarik mengimpor limbah dari kelapa...

Eka Sari Lorena Masuk...

Jakarta, Limbahnews.com - PT Eka Sari Lorena Transport Tbk (LRNA) tengah menjajaki bisnis...
BerandaLimbahManfaat Cangkang Telur...

Manfaat Cangkang Telur untuk Tanaman dan Cara Mengolahnya jadi Pupuk

cangkang telur mengandung kalsium karbonat, mineral penting untuk memperkuat dinding sel tanaman

Banyak orang yang menganggap cangkang telur sebagai limbah dapur yang tak berguna, dan membuangnya begitu saja di tempat sampah. Padahal, ini bisa diolah menjadi pupuk alami.

Dilansir dari Reader’s Digest, cangkang telur mengandung kalsium karbonat, mineral penting untuk memperkuat dinding sel tanaman. Ini juga mengandung mineral lain yang membantu pertumbuhan tanaman, termasuk kalium, fosfor, dan magnesium.

Manfaat Cangkang Telur untuk Tanaman

Berikut beberapa manfaat cangkang telur untuk tanaman:

Mencegah pembusukan ujung bunga: Tanaman tertentu, seperti tomat, dapat mengalami pembusukan ujung bunga karena kekurangan kalsium. Kondisi ini bisa ditandai dengan penampakan bintik hitam di ujung buahnya. Menambahkan kalsium dari pupuk cangkang telur dapat membantu mencegah masalah ini, dan membuat tanaman berbuah lebat.

Menurunkan pH tanah: Banyak jenis tanaman lebih menyukai tanah dengan pH rendah (asam) untuk menyerap nutrisi dan menangkal unsur beracun seperti aluminium.

Mendorong pertumbuhan akar: Kalsium karbonat pada kulit telur membantu memperkuat akar tanaman sehingga dapat tumbuh lebih cepat dan kuat.

Mengendalikan hama: Bau telur yang tertinggal di dalam cangkang tidak disukai oleh hama, sehingga dapat melindungi tanaman dari serangan organisme yang dapat menghambat pertumbuhannya.

Tanaman yang Cocok untuk Pupuk Cangkang Telur

Meski memiliki banyak manfaat, pupuk cangkang telur tidak cocok untuk semua jenis tanaman. Menurut Masterclass.com, ini hanya boleh digunakan pada spesies yang menghasilkan buah dan sayuran, seperti apel, stroberi, selada, mentimun, paprika, brokoli, kembang kol, dan terong.

Sementara itu, tanaman yang menyukai pH tinggi (asam) tidak cocok untuk pupuk ini. Oleh karena itu, hindari penggunaan pupuk cangkang telur pada kubis, kacang-kacangan, dan bayam.

Cara Membuat Pupuk Cangkang Telur

Cara membuat pupuk cangkang telur sangatlah sederhana dan mudah. Ikuti langkah-langkah berikut ini!

  • Cuci bersih cangkang telur, lalu keringkan
  • Hancurkan kulit telur menjadi bubuk halus menggunakan lesung dan alu, penggilas adonan, atau food processor. Pastikan untuk memakai masker saat menghancurkan cangkang telur untuk menghindari menghirup debu cangkang telur.
  • Bubuk cangkang telur ini bisa langsung digunakan. Caranya gali tanah di sekitar tanaman dan masukkan pupuknya.
  • Pupuk ini juga bisa digunakan dalam bentuk cair. Caranya, rebus satu galon air dan tambahkan sepuluh hingga dua puluh kulit telur yang bersih dan kering. Biarkan cangkangnya terendam dalam air semalaman, lalu saring. Tuangkan dua cangkir pupuk cair ke setiap tanaman.

Sebagai catatan, pupuk cangkang telur bubuk tidak boleh digunakan berlebihan. Karena cangkang telur memerlukan waktu untuk terurai, sebaiknya gunakan pupuk cangkang telur hanya dua kali setahun.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...