Kamis, Juli 11, 2024

Creating liberating content

Setelah Covid-19, Ekonomi Indonesia...

Limbahnews.com - Kita semua sedang dilanda kecemasan atas wabah Coronavirus of Disease 2019...

Pemerintah Beri Insentif PPN,...

Jakarta, Limbahnews.com - Pemerintah saat ini terus memperbaiki ekosistem industri daur ulang sampah...

Tipping Fee Bantargebang Rp...

Bekasi, Limbahnews.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi bakal menerima uang sebesar Rp 379...

Jepang Ingin Impor Limbah...

Ilustrasi pengolahan limbah sawit (Mikrobios.id)Medan, Limbahnews.com - Jepang tertarik mengimpor limbah dari kelapa...
BerandaLimbahJangan Langsung Dibuang!...

Jangan Langsung Dibuang! Begini Cara Memanfaatkan Sisa Makanan

Sisa makanan di Indonesia yang dibuang mencapai 48 ton pertahun.

Indonesia jadi sorotan lantaran dikenal sebagai negara yang sering boros makanan, ini terbukti dari sampah makanan yang tiap tahun berjumlah puluhan ton. Padahal menurut Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional bila dimanfaatkan bisa menghidupi masyarakat Indonesia sekitar 61 juta hingga 125 juta orang atau setara 47 persen populasi Indonesia.

Tak hanya itu, Indonesia juga rugi secara ekonomi sebesar Rp551 triliuan. Besarnya sampah makanan di Indonesia ternyata bisa lho dimanfaatkan menjadi ssesuatu yang berguna. Misal sampah makanan bisa diubah jadi pupuk anorganik yang jadi sumber unsur hara bagi tanah dan tanaman.

Makanan sisa sebetulnya dapat kita olah menjadi menu lain, lho. Mungkin sebagian dari kita pernah mendengar kalau beberapa restoran atau UMKM di Indonesia telah memanfaatkan dan mengolah kembali sisik ikan dan nasi kering menjadi kerupuk yang lezat. Ini waktunya kita meniru kebiasaan baik tersebut agar makanan sisa tidak terbuang sia-sia. Jadi, kita bisa menghemat uang, sampah makanan berkurang.

Berikut makanan sisa yang bisa diolah kembali: 

  1. Roti Tawar

Berikan kehidupan baru untuk sisa roti tawar yang sudah sedikit ‘basi’ dengan mengolahnya menjadi makanan yang nikmat. Semua juru masak yang baik tahu bahwa terkadang roti basi lebih baik daripada roti segar. Ya, irisan terakhir yang dikeringkan sangat ideal untuk menyerap saus yang kaya, menambahkan kerenyahan pada casserole, dan memberi tekstur pada kuah semur atau stew yang hangat.

Cara termudah untuk menjauhkan roti lama dari tempat sampah adalah dengan mengubahnya menjadi crouton yang renyah. Di dalam oven, roti tawar sisa menjadi kubus emas yang renyah. Untuk menyimpan, cukup masukkan ke dalam freezer di mana mereka akan tetap baik sampai dibutuhkan. Taburkan di atas salad, taburkan di atas sup, atau simpan saja sebagai camilan cepat dan mudah.

Ide lainnya, olah saja menjadi puding roti, salah satu comfort food terbaiq dalam hidup. Saat dipanggang, roti menyerap puding yang kaya sampai manis dan lengket. Sajikan dengan saus gula merah kayu manis hangat, es krim, atau keduanya.

  1. Kulit buah dan sayur

Ketika kita memasak sayur atau memotong buah, sudah pasti ada bagian yang kita sisakan untuk dibuang. Berhenti melakukannya hari ini juga. Kulit sayur dan buah, serta batang sayur itu bisa diolah lagi menjadi sesuatu yang nikmat, lho. Pilihannya banyak pula. Kita bisa memanggang kulit kentang, wortel, dan ketela yang sudah dicuci bersih. Setelah bersih, olesi dengan minyak zaitun dan taburkan garam atau kaldu bubuk sesuai selera, lalu panggang selama sekitar 15 menit.

Kulit jeruk pun bisa dijadikan manisan, kulit semangka dapat diolah menjadi selai, dan batang brokoli yang ditumis cocok jadi menu makan siang hari ini. Untuk kita yang vegetarian, kulit sayuran dan bawang boleh dimasak menjadi kaldu sayur. Asalkan kulitnya sudah dicuci dengan bersih, semua sayur bisa kita olah menjadi kaldu. Cara ini juga bisa digunakan ketika ada sayur yang sudah layu.

  1. Tulang sapi, ayam, dan ikan

Untuk pecinta daging, simpan tulangnya setelah selesai memasak dagingnya. Masukkan ke dalam slow cooker, tutup dengan air dan masak dengan api kecil selama beberapa jam untuk membuat kaldu tulang yang benar-benar enak. Tambahkan sedikit garam, gula, dan lada sesuai selera. Kalau sudah dingin, masukkan ke dalam botol bersih dan simpan di kulkas. 

Cara menyimpan lainnya adalah dengan mencetaknya pada cetakan es batu yang tertutup, simpan di freezer , deh. Kalau tulang sapi atau ayam tersebut sangat lunak dan bisa dihaluskan, blender tulang dengan sedikit kaldu sampai benar-benar halus, lalu sajikan ini sebagai camilan mahluk berbulu dan berkaki empat di rumah kita.

  1. Buah yang terlalu matang

Untuk pecinta daging, simpan tulangnya setelah selesai memasak dagingnya. Masukkan ke dalam slow cooker, tutup dengan air dan masak dengan api kecil selama beberapa jam untuk membuat kaldu tulang yang benar-benar enak. Tambahkan sedikit garam, gula, dan lada sesuai selera. 

Kalau sudah dingin, masukkan ke dalam botol bersih dan simpan di kulkas. Cara menyimpan lainnya adalah dengan mencetaknya pada cetakan es batu yang tertutup, simpan di freezer , deh. Kalau tulang sapi atau ayam tersebut sangat lunak dan bisa dihaluskan, blender tulang dengan sedikit kaldu sampai benar-benar halus, lalu sajikan ini sebagai camilan mahluk berbulu dan berkaki empat di rumah kita.

  1. Nasi putih

Nasi merupakan salah satu makanan pokok di beberapa negara, Indonesia dan Malaysia contohnya. Mungkin kita pernah mengalami kondisi di mana nasi putih di meja makan tersisa banyak, sementara kalau dibiarkan saja akan basi dan kemudian berakhir di tempat sampah. 

Stop lakukan ini. Ada begitu banyak cara mengolah sisa nasi putih, mulai dari yang mudah sampai lumayan susah. Yang termudah tentu mengolahnya menjadi nasi goreng.Tinggal tambah potongan bawang, cabai, telur, dan atau sisa makanan lainnya di kulkas, lalu dimasak memakai minyak goreng, jadi deh menu baru. Sisa nasi putih bisa juga diolah kembali menjadi cireng, rengginang, nugget, sampai puding. 

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...