Rabu, Juli 24, 2024

Creating liberating content

PD PAL Minta Dana...

Jakarta, Limbahnews.com - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi mengkritisi permintaan anggaran...

Vietnam Mulai Lirik Kredit...

Jakarta, Limbahnews.com - Konsep kredit plastik dalam mengurangi limbah dari plastik terus digulirkan...

DKI Jakarta Larang Kantong...

Ilustrasi sampah plastik di TPS Sunter Koja, Jakarta. (Ist)Jakarta, Limbahnews – Bebeharapa hari...

Indonesia Luncurkan Bursa Karbon,...

Pemerintah Indonesia secara resmi meluncurkan Bursa Karbon pada hari Selasa lalu (26/9/23) ....
BerandaKomunitasDaftar Bank Sampah...

Daftar Bank Sampah Terbaik di Indonesia Tahun 2023

Bank sampah dinilai telah berkontribusi mengurangi volume sampah di Indonesia

Keberadaan bank sampah di indonesia sangat penting, selain mengurangi  volume sampah di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA)  juga menigkatkan ekonomi masyakarat lewat proses daur ulang sampah.

Salah satu cara kreatif untuk mengolah sampah adalah dengan bank sampah yang menggunakan paradigma mencegah timbulnya sampah (reduce), menggunakan ulang sampah (reuse), serta mendaur ulang sampah (recycle).

Bank sampah sendiri merupakan konsep pengumpulan sampah kering rumah tangga, seperti plastik, kertas, kaleng, dan lain-lain yang menerapkan sistem konversi dari sampah menjadi uang, untuk meningkatkan partisipasi warga dalam memilah serta mendaur ulang sampah.

Bank sampah memiliki beberapa manfaat bagi manusia dan lingkungan hidup, seperti membuat lingkungan lebih bersih, menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan, dan membuat sampah menjadi barang ekonomis. Manfaat bank sampah untuk masyarakat adalah dapat menambah penghasilan masyarakat karena saat mereka menukarkan sampah mereka akan mendapatkan imbalan berupa uang yang dikumpulkan dalam rekening yang mereka miliki.

Tak hanya itu, bagi masyarakat dapat sewaktu-waktu mengambil uang pada tabungannya saat tabungannya sudah terkumpul banyak. Imbalan yang diberikan kepada penabung tidak hanya berupa uang, tetapi ada pula yang berupa bahan makanan pokok seperti gula, sabun, minyak dan beras.

Ditambah juga, bank sampah bermanfaat bagi siswa yang kurang beruntung dalam hal finansial, beberapa sekolah telah menerapkan pembayaran uang sekolah menggunakan sampah. Tak pelak, salah satu tujuan bank sampah adalah untuk mengubah sampah menjadi sesuatu yang lebih berguna, punya nilai ekonomis.

Indonesia sendiri tercatat memiliki 108 Bank Sampah Unit (BSU) dan 60 Bank Sampah Induk (BSI) dari 26 provinsi dan 86 kabupaten/kota. Pada Juni lalu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) juga memberikan penghargaan kepada 10 Bank Sampah terpilih yang berkinerja baik. Berikut daftaranya dilansir dari Media Indonesia.

1. BSI Prabumulih, Sumatera Selatan 

2. BSI Griya Digital, Serang Banten 

3. BSI Griya Luhu Kabupaten Gianyar, Bali 

4. BSI Ciamis Kabupaten Ciamis Jawa Barat 

5. BSI Dywik Kabupaten Bangli, Bali. (BSI Terbaik) 

6. BSU Darling Tangerang, Banten 

7. BSU Pensosmas Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau 

8. BSU Kopen Sae Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah 

9. BSU Gunung Emas DKI Jakarta 

10. BSU Asoka V Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...