Jumat, Juli 12, 2024

Creating liberating content

Bank Dunia Soal Daur...

Jakarta. Limbahnews.com - Negara-negara Asia Tenggara merugi sebanyak US$ 6 miliar atau Rp...

Setelah Covid-19, Ekonomi Indonesia...

Limbahnews.com - Kita semua sedang dilanda kecemasan atas wabah Coronavirus of Disease 2019...

Indonesia Luncurkan Bursa Karbon,...

Pemerintah Indonesia secara resmi meluncurkan Bursa Karbon pada hari Selasa lalu (26/9/23) ....

Sektor Makanan dan Minuman...

Jakarta, Limbahnews.com - Sejumlah tantangan harus dihadapi industri plastik hilir. Sebut saja terimbas...
BerandaRagamCara Bijak Menggunakan...

Cara Bijak Menggunakan Pakain Lama, Dukung Sustainable Fashion

Busana berkelanjutan harus didukung ditengah krisis limbah yang mendera dunia

Sepanjang tahun 2023 ini, isu lingkungan kian gencar merebak hal ini tidak terlepas dari dampak pemanasan global telah merubah suhu bumi menjadi lebih panas. Tak hanya itu, limbah disemua sektor juga kian jadi perhatian agar bisa didaur ulang guna menjaga lingkungan yang berkeadilan.

Termasuk gerakan sustainable fashion yang kian marak digaungkan sebagai wujud adi kepedulian terhadap limbah tekstil yang ikut berkonribusi terhadap pemanasan global. Sekedar informasi, menurut catatan dari  Yayasan Ellen MacArthur di Amerika, dari 100 miliar garmen yang diproduksi setiap tahun, 92 juta ton berakhir di tempat sampah. Ini berarti setara dengan truk sampah penuh pakaian menumpuk di tempat pembuangan sampah setiap detik.

Lalu apa yang bisa lakukan untuk mengurangi hal itu, salah satunya mendaur ulang pakaian lama dengan sentuhan inovasi dan kreativitas agar terlihat baru dan jauh lebih modis. Lalu bagaimana caranya, berikut cara menggunakan pakain lama menurut Senthil Sankar, Managing Partner di EcoLine Clothing,

  1. Kreasi jadi aksesori

Gunakan kembali syal, kaus, atau sisa-sisa kain yang tidak terpakai menjadi aksesori yang apik, ciptakan karya yang unik dengan sentuhan khas Anda. Ubah syal yang semarak menjadi ikat kepala atau sorban yang modis, dan buat gelang berlapis kain dan kalung. Aksesori ini menambah sentuhan pribadi pada pakaian sekaligus mengurangi limbah.

  1. Merombak denim

Jelajahi keserbagunaan denim melalui penggunaan kembali. Personalisasi denim Anda dengan sulaman, tambalan, atau cat kain. Ubah jeans lama menjadi celana pendek kece atau “disulap’ menjadi tas jinjing denim yang trendi. Rangkullah kreativitas untuk menghidupkan kembali denim demi mengurangi limbah pakaian.

  1. Daur ulang

Revitalisasi kemeja lama menjadi atasan tanpa lengan atau rok. Lepaskan lengan baju dan ubah posisi kancing untuk membuat atasan musim panas yang bergaya. Sebagai alternatif, ubah bagian atas kemeja menjadi rok trendi dengan menambahkan ban pinggang elastis. Temukan kembali kemungkinan mode sambil mengurangi limbah.

  1. Kemeja jadi Crop Top

Ubah kemeja kebesaran (oversized) atau usang menjadi crop top modis untuk tampilan modern. Sesuaikan panjangnya, tambahkan trim renda untuk gaya ekstra. Padukan dengan celana atau rok model berpinggang tinggi atau high waist untuk gaya trendi dan berkelanjutan.

  1. Desain tambal sulam

Bebaskan kreativitas Anda dengan memadukan sisa kain ke dalam desain tambal sulam atau patchwork yang khas. Ubah jeans lama menjadi rok denim modis atau buat jaket berlapis yang dipersonalisasi menggunakan sisa kain.

  1. Gaun jadi atasan atau blus

Jangan buang gaun yang sudah terlalu besar atau sudah tidak Anda minati. Ubahlah menjadi atasan atau blus yang apik dengan memangkas panjangnya. Pasangkan dengan jeans atau rok untuk pilihan pakaian yang serbaguna dan ramah lingkungan.

  1. Sweater jadi kardigan

Bayangkan kembali sweater usang Anda sebagai kardigan yang nyaman. Potong di tengah, kelim ujungnya agar tidak berjumbai. Tambahkan kancing, renda, atau sulaman untuk sentuhan pribadi. Kardigan transformasi ini sangat ideal untuk dikenakan di musim hujan.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...