Minggu, Juli 21, 2024

Creating liberating content

Setelah Covid-19, Ekonomi Indonesia...

Limbahnews.com - Kita semua sedang dilanda kecemasan atas wabah Coronavirus of Disease 2019...

Terkait Amdal dan Limbah,...

Jakarta, Limbahnews.com - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) berkomitmen ikut berkontribusi mengurangi...

BUMN Pertanian Garap Limbah...

Jakarta, Limbahnews.com - PT Pertani (Persero) menggandeng Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pasca...

Garap Investasi, NTB Bakal...

Mataram, Limbahnews.com - Organisasi nirlaba Classroom of Hope bertemu Wakil Gubernur NTB Sitti...
BerandaRagamSuhu Panas di...

Suhu Panas di Indonesia Melonjak, Tiga Kota Ini yang Paling Panas

Seluruh wilayah Indonesia dilanda suhu panas yang cukup ekstrem.

Kemarau panjang yang terjadi tahun 2023 ini membuat sejumlah wilayah di Indonesia mengalami kekeringan, beberapa sungai pun menunjukkan penurunan volume air bahkan ada yang sudah kering. Tak hanya itu, kebakaran hutan dan pemukiman warga juga kerap terjadi akibat suhu panas yang juga terus meningkat.

Ancaman nyata lainnya yaitu suhu panas yang terjadi di beberapa kota besar di Indonesia.Bahkan suhu di beberapa kota tertentu mencapai 40 derajat celcius. Hal ini membuat aktivitas warga diluar rumah menjadi berkurang.

Hal ini dinyatakan langsung oleh Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati sebelumnya menyebut suhu panas di Indonesia diprediksi bisa tembus hingga 40 derajat celsius.

Kami memprediksi dari itungan kami sampai Oktober ini dimungkinkan dapat terjadi suhu udara permukaan mencapai 40 derajat Celsius,” katanya.

Ia juga mengungkap dua faktor utama yang membuat sejumlah wilayah di RI kian panas, yakni fenomena ‘pengering’ hujan alias El Nino dan gerak semu Matahari.Lalu, daerah mana saja yang diprediksi bakal ‘terpanggang’ suhu panas hingga 40 derajat Celsius?. Berikut daftaranya.

  1. Semarang

Prakirawan Kantor Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ahmad Yani Semarang, Haris Syahid Hakim mengatakan suhu di wilayah Semarang terbilang panas dalam 30 tahun terakhir.Bahkan, menurut dia, cuaca panas di Semarang bisa menembus 40 derajat Celsius.

“Suhu udara harian selama Oktober rata-rata berkisar antara 36-37 derajat pada jam 13.00-14.00 WIB. Tapi berdasarkan data selama 30 tahun, terakhir kemungkinan suhu udara bisa mencapai 40 derajat untuk wilayah Pantura termasuk Semarang, Pesisir Jawa Tengah bagian timur,” katanya.

  1. Surabaya

Kota Surabaya juga diprediksi bakal ‘terpanggang’ cuaca panas hingga 40 derajat Celsius. Laporan Antara bahkan menyebut suhu Surabaya diperkirakan bisa menembus lebih dari 43 derajat Celsius pada pertengahan bulan ini.

Sementara, merujuk AccuWeather, suhu di Surabaya bakal tembus lebih dari 40 derajat Celsius mulai tanggal 19 sampai 22 Oktober. Rinciannya, 19 Oktober suhu diprakirakan mencapai 42 derajat Celsius, 20 Oktober (42 derajat Celsius), 21 Oktober (42 derajat Celsius), dan 22 Oktober (41 derajat Celsius).

  1. Makassar

Selain Semarang dan Surabaya, wilayah yang diprediksi bakal ‘terpanggang’ suhu panas lainnya adalah Makassar, Sulawesi Selatan. Berdasarkan pantauan di situs deteksi panas AccuWeather, suhu di Makassar diprediksi mencapai 38 derajat pada 19-21 Oktober 2022.

Belakangan juga viral kabar di media sosial kalau suhu panas di Makassar bisa tembus hingga 40 derajat pada 10 Oktober.Namun, BMKG Makassar mengaku tidak pernah mengeluarkan prakiraan suhu udara tembus 40 derajat Celsius.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...