Minggu, Juli 21, 2024

Creating liberating content

Pelaku Industri Kimia dan...

Jakarta, Limbahnews.com - Pelaku industri plastik yang tergabung dalam Asosiasi Industri Olefin, Aromatik...

Circulate Capital Luncurkan Pendanaan...

Mountrash membangun kemitraan dalam pengelolaan sampah plastik di Indonesia.Jakarta, Limbahnews.com - Circulate Capital...

Ancaman Investasi Kabur Usai...

Jakarta, Limbahnews.com -- Sejumlah pengamat melihat ancaman hambatan investasi masuk ke Indonesia melalui...

Bank Dunia Soal Daur...

Jakarta. Limbahnews.com - Negara-negara Asia Tenggara merugi sebanyak US$ 6 miliar atau Rp...
BerandaCelebrityRekomendasi Film Bertema...

Rekomendasi Film Bertema Lingkungan dan Perubahan Iklim, Tertarik Nonton?

Film juga berpengaruh dalam mengedukasi masyarakat agar peduli lingkungan

Linimasa Anda dalam beberapa bulan terakhir dihiasi kabar tentang gelombang panas dan kemarau panjang yang menghantam sebagian wilayah bumi. Pun dengan kebakaran hutan yang terjadi di Hawai dan Gunung Bromo. Juga, sebagian wilayah Indonesia yang kekeringan hingga krisis air bersih.

Ditambah dengan kejadian polusi udara yang menyelimuti Jakarta dan masalah sampah yang over kapasitas di setiap TPA, semua masalah lingkungan sebenarnya sudah jauh digambarkan secara nyata dalam bentuk Film. Jumlah film bertema lingkungan memang jarang diproduksi, tak setenar dengan film action ataupun romansa. 

Namun ada lho, beberapa film yang mengangkat tema tentang lingkungan yang tujuannya untuk menyebarkan pesan agar lingkungan yang ada di bumi dijaga dan dilestarikan. Lantas apa saja film itu,, berikut daftarnya dilansir dari berbagai sumber.

  1. 8 Billions Angles

Film bergenre dokumenter ini, menyampaikan pesan dimana terlihat ketimpangan yang terjadi diantara jumlah pertumbuhan populasi dunia dan semakin berkurangnya sumber kehidupan di bumi ini.

Film ini juga mengajak kita untuk melihat secara luas tentang hubungan timbal balik antara manusia dan alam yang semakin buruk. Hal ini bisa dilihat dari beragamnya bencana-bencana alam yang terjadi akibat ulah manusia sendiri.

Tak hanya itu,  Film ini juga menampilkan beragam solusi akan permasalahan kerusakan lingkungan yang terjadi dan juga membuat harapan kita untuk memelihara bumi terus terjaga.

  1. The Human Element

Film yang bercerita tentang seorang fotografer asal Amerika Serikat bernama James Balog yang hobi memotret segala sesuatu tentang alam.Namun kesenangan itu berubah setelah dirinya menemukan fenomena yang lebih kompleks yaitu kerusakan alam. 

Film ini akan memperlihatkan akibat dari pemanasan global yang menyebabkan kebakaran hebat dan badai yang mematikan. Film ini juga akan menunjukan rusaknya hubungan antara alam dan manusia yang rusak akibat pemanasan global tersebut.

  1. Plastic China

Film ini mengangkat kisah tentang seorang anak bernama Yi-Jie yang terpaksa harus bekerja di pabrik daur ulang plastik di China. Yi-Jie sebenarnya ingin sekali sekolah namun terpaksa harus bekerja karena tuntutan keluarga dan dijanjikan bersekolah pada awal tahun.

Film ini akan menyajikan kisah lengkap keluarga Yi-Jie mulai dari latar belakang dirinya, latar belakang keluarganya termasuk bapaknya yang suka mabuk-mabukan.

Tak hanya itu, film ini juga memperlihatkan betapa buruknya polusi plastik di negeri China yang sudah mengkhawatirkan yang membuat kita sadar seberapa bahayanya polusi plastik jika sudah masuk dalam level mengkhawatirkan.

  1. Before the Flood

Film yang dibintangi Leonardo diCaprio ini bercerita tentang seorang laki-laki yang menjelajahi dunia, Ia juga berprofesi sebagai aktivis climate change melihat seberapa kerusakan yang telah kita perbuat di bumi ini.

Dalam film ini juga menjelaskan beberapa posisi orang-orang berpengaruh di dunia seperti politisi dan pengusaha ternama tentang climate change.

Film ini juga akan mengajak para pemimpin dunia dan para pengambil kebijakan lainnya  untuk terus menunjukan dukungan untuk menanggulangi climate change demi menjaga membuat masa depan cerah untuk anak cucu kita nanti.

Film ini juga menunjukan cara-cara untuk menanggulangi climate change yang dapat dilakukan oleh masyarakat luas.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...