Kamis, Juli 25, 2024

Creating liberating content

Jepang Ingin Impor Limbah...

Ilustrasi pengolahan limbah sawit (Mikrobios.id)Medan, Limbahnews.com - Jepang tertarik mengimpor limbah dari kelapa...

Indonesia Luncurkan Bursa Karbon,...

Pemerintah Indonesia secara resmi meluncurkan Bursa Karbon pada hari Selasa lalu (26/9/23) ....

Turis Asing Kapok ke...

Ilustrasi potensi wisata di Indonesia.Bintan, Limbahnews.com - Environment Estate Departemen Nirwana Resort...

Tipping Fee Bantargebang Rp...

Bekasi, Limbahnews.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi bakal menerima uang sebesar Rp 379...
BerandaLimbahUpdate Kualitas Udara...

Update Kualitas Udara Jakarta, Masih Buruk dan Tempati Urutan Ketiga di Dunia

Kualitas udara Jakarta kembali memburuk, polusi ini membahayakan hewan dan tumbuhan yang sensitif.

Polusi kembali membekap Jakarta, informasi terakhir dari Sistem Informasi Lingkungan dan Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jakarta menyebut polusi memiliki angka PM 2,5 sebesar 101. Angka ini menempatkan polusi udara Jakarta terburuk ketiga di dunia, posisi kedua ditempati Dubai, Uni Emirat Arab dan posisi pertama ada kota Lahore, Pakistan.

Dengan angka itu juga tingkat kualitas udara tidak sehat karena dapat merugikan pada manusia ataupun hewan yang sensitif atau bisa menimbulkan kerusakan pada tumbuhan. Daerah di Jakarta yang paling parah terletak di kawasan Jakarta Timur.

Selain Jakarta Timur, nilai ISPU dibeberapa daerah Jakarta terpantau sedang, Jakarta Pusat (77), Kelapa Gading (82), Jagakarsa (73), dan Kebon Jeruk (70). IKU di Jakarta dinilai juga sangat 14,1 kali tinggi dari nilai panduan kualitas udara Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Sebuah kota atau daerah dikatakan memiliki kualitas udara yang baik dan aman bagi kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan direntang PM2,5 sebesar 0-50.

Kemudian kategori sedang berada di angka PM2,5 dengan nilai 50-100. Dan kategori tidak sehat sebesar PM2,5 sebesar 200-299. Serta ketegori berbahaya di nilai 300-500, bila daerah kalian berada disituasi seperti disarankan untuk pergi dan keluar atau mencari tempat tinggal lain.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...