Minggu, Juli 21, 2024

Creating liberating content

Danone AQUA-Veolia Bangun Pabrik...

Dokumentasi pencanangan pabrik (Ist)Pasuruan, Limbahnews.com - Pabrik daur ulang botol PET (Polyethylene Terephthalate)...

Pelaku Industri Kimia dan...

Jakarta, Limbahnews.com - Pelaku industri plastik yang tergabung dalam Asosiasi Industri Olefin, Aromatik...

Eka Sari Lorena Masuk...

Jakarta, Limbahnews.com - PT Eka Sari Lorena Transport Tbk (LRNA) tengah menjajaki bisnis...

Ancaman Investasi Kabur Usai...

Jakarta, Limbahnews.com -- Sejumlah pengamat melihat ancaman hambatan investasi masuk ke Indonesia melalui...
BerandaLimbahSuhu di Italia...

Suhu di Italia Serasa di Panggang Meski Winter, Tiga Wilayah di Indonesia Juga Terdampak

Peningkatan suhu di Indonesia juga terasa bahkan tiga daerah diklaim paling parah.

Tahun 2023 menjadi tahun paling panas sejak 1 abad terakhir, nyaris di seluruh belahan dunia dihantui gelombang panas yang ekstrem. Musim dingin di Italia yang sejatinya suhu berkisar di 25 hingga 20 derahat celcius, kini berada di diangka 48 derajat celcius.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan tahun 2023 suhu bumi makin panas akibat pemanasan global yang makin parah. Hal ini menyebabkan sejumlah negara di Eropa, Asia, Australia, dan Amerika dilanda gelombang panas.

Juli 2023 Sardinia di Italia suhunya mencapai 48 derajat celcius saat winter. Rhodes Yunani 49 derajat celcius. Maroko lebih dari 47 derajat. Tidak pandang bulu negara maju dan negara berkembang, baik Amerika California, Amerika Latin, nasibnya sama saja, nggak peduli teknologinya maju maupun yang tertinggal,” katanya.

Sementara di Indonesia sendiri semenjak tahun 2000-an terjadi kenaikan suhu yang bervariasi di sejumlah daerah. “Tren suhu rata-rata tahunan 1951-2021 terdapat tren peningkatan temperatur yang seragam, dengan laju yang bervariasi di wilayah berbeda. Laju peningkatan terbesar ada di Kalimantan, Sulawesi, Sumatera bagian selatan, dan area Jakarta dan sekitarnya. Beberapa area mengalami peningkatan hingga 0,15 derajat per 10 tahun,” jelasnya.

Peta BMKG menggambarkan proyeksi perubahan suhu rata-rata tahunan periode 2020-2049. Kenaikan suhu semakin nyata, salah satunya terlihat potensi kenaikan lebih dari 1,3 derajat celcius di Kalimantan. Apabila tidak dilakukan mitigasi, kenaikan suhu akan berdampak besar pada seluruh pulau-pulau besar di Tanah Air.

“Saat ini sudah naik 1,2 (derajat celcius), kejadiannya ekstrem semakin ekstrem. Kalau nggak ada mitigasi, kenaikannya bisa mencapai 3,5 derajat celcius. Berarti berapa kali lipat dari sekarang, kondisi ekstrem mungkin sudah menjadi kenormalan baru,” ujarnya.

Tahun ini juga, Indonesia harus bersiap dengan fenomena El Nino yang akan melanda daerah di Nusa Tenggara Timur (NTT), Aceh, hingga Sulawesi Utara.

Food and Agriculture Organization (FAO) memprediksikan lebih dari 500 juta petani skala kecil yang memproduksi 80% stok pangan dunia adalah yang paling rentan terhadap perubahan iklim. Karena itu, ia menilai, dampak perubahan iklim tak hanya berdampak pada kenaikan permukaan air laut, tetapi juga pada penyempitan lahan hingga pangan semakin berkurang.

“Krisi air berkaitan dengan kerentanan ketahanan pangan. Diprediksi pada 2050-an sudah terjadi peningkatan kerentanan pada stok pangan dunia. Itu melanda hampir semua negara, termasuk Indonesia,” katanya.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...