Kamis, Juli 25, 2024

Creating liberating content

Circulate Capital Luncurkan Pendanaan...

Mountrash membangun kemitraan dalam pengelolaan sampah plastik di Indonesia.Jakarta, Limbahnews.com - Circulate Capital...

Limbah Sawit PTPN II...

Jakarta, Limbahnews.com - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) II, anak perusahaan PT Perkebunan Nusantara...

Terkait Amdal dan Limbah,...

Jakarta, Limbahnews.com - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) berkomitmen ikut berkontribusi mengurangi...

PD PAL Minta Dana...

Jakarta, Limbahnews.com - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi mengkritisi permintaan anggaran...
BerandaKebijakanUnhas Ajak Maba...

Unhas Ajak Maba Peduli Lingkungan dengan Gerakan Unhas Hijau

Universitas Hasanuddin telah ditetapkan sebagai hutan kota oleh Pemerintah Kota Makassar.

Universitas Hasanuddin (Unhas) menyambut Mahasiswa tahun 2023 kali dengan sebuah kegiatan Gerakan Unhas Hijau. Kampus yang terletak di kota Makassar, Sulawesi Selatan ini dijadwalkan akan menerima mahasiswa baru tanggal 14 hingga 16 Agustus mendatang.

Dengan mengusung tagline “Selamatkan Bumi, Selamatkan Masa Depan” Unhas ingin mahasiswa baru peduli dengan isu lingkungan yang saat ini menjadi sorotan dunia.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Muhammad Ruslin mengatakan bahwa gerakan Unhas Hijau ini tidak hanya menyasar Unhas. Melainkan juga di beberapa wilayah sekitar Unhas yang melibatkan mahasiswa baru.

“Maba Unhas dihimbau untuk ikut menghijaukan lingkungan sekitar tempat tinggal mereka,” katanya.

Sekadar informasi, Unhas telah ditetapkan sebagai hutan kota oleh pemerintah setempat sejak tahun 2017.

Sebagai hutan kota, Universitas Hasanuddin memiliki iklim yang berbeda dengan wilayah sekitarnya. Suhu udara di Unhas juga lebih rendah dengan kualitas udara yang lebih baik.

Selain itu, kejadian hujan di wilayah Unhas sangat unik, terkadang terjadi perbedaan waktu datang hujan dibandingkan dengan wilayah lain sekitar Unhas yang masih terik.

Menurut pantauan udara, Unhas memiliki pohon dengan kerapatan yang bervariasi dengan mayoritas terlihat sedang hingga tinggi. Kerapatan yang tinggi bisa ditemukan di beberapa titik, utamanya kawasan hutan kota Unhas. Hutan kota Unhas memiliki nilai manfaat yang sangat besar bagi masyarakat Makassar. Selain sebagai paru-paru kota, hutan kota juga memiliki nilai ekonomi, kesehatan, dan resapan air.

Hutan kota Unhas juga bermanfaat mengurangi degradasi lingkungan kota yang diakibatkan oleh pembangunan. Selain mempunyai fungsi perbaikan lingkungan hidup, hutan kota juga memiliki nilai estetika.

Semakin banyaknya bangunan, keberadaan ruang terbuka hijau menjadi terbatas. Sehingga, juga ikut berpengaruh pada ketidakseimbangan ekosistem, seperti rusaknya fungsi resapan air dan lain-lain.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...