Jumat, Juli 12, 2024

Creating liberating content

Omset Emiten Daur Ulang...

Jakarta, Limbahnews.com - PT Inocycle Technology Group Tbk (INOV), produsen staple buatan/Recycled Polyester...

Mountrash Punya ATM Sampah,...

Jakarta, Limbahnews.com - Kreativitas dan upaya mencari solusi atas sampah terus berkembang. Bank...

Setelah Covid-19, Ekonomi Indonesia...

Limbahnews.com - Kita semua sedang dilanda kecemasan atas wabah Coronavirus of Disease 2019...

Pemerintah Beri Insentif PPN,...

Jakarta, Limbahnews.com - Pemerintah saat ini terus memperbaiki ekosistem industri daur ulang sampah...
BerandaTeknologiTerobosan Aqua Gunakan...

Terobosan Aqua Gunakan Galon Guna Ulang Mampu Tekan Emisi Karbon

Penggunaan galon guna ulang ini pun sangat ramah lingkungan

Perusahaan air botol raksasa, Aqua baru-baru ini membuat terobosan dengan menggunakan galon guna ulang untuk menekan emisi karbon. Inovasi ini juga sebagai wujud Aqua peduli akan lingkugan.

Inovasi galon guna ulang ini.pun dinilai mampu menekan emisi karbon dioksida hingga 83%.”Bisnis model ketika galon guna ulang itu emisi karbon 83% lebih rendah daripada galon sekali pakai,” ujar Head of Climate and Stewardship Danone Indonesia, Ratih Anggraeni, di konservasi Aqua di Ciherang, Kabupaten Bogor.

Tak hanya itu, bahan yang digunakan pun dari hasil daur ulang. “Itu (pengunaan material daur ulang) terbukti 65% lebih baik dibanding botol tidak ada plastik daur ulangnya,” ujarnya.

Pihak Aqua saat ini pun tengah menggalakkan penggunaan energi yang ramah lingkungan. Ini terbukti dengan pengggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap sebagai sumber listrik ditujuh pabriknya. Dengan mengoptimalkan atap pabrik dimana inisiatif ini mampu menghasilkan energi sebesar 770 kWp atau setara dengan 885.000 kWh dalam satu tahun.

“Total ada 7 pabrik yang sudah hasilkan 6,2 megawatt. Kita juga lakukan optimalisasi logistik menggunakan jalur distribusi dengan kereta,” ujarnya.

Sementara itu, Joko Prasojo Kepala Pabrik Aqua Ciherang mengatakan Danone-AQUA berkomitmen menghadirkan produk air mineral berkualitas dengan melakukan serangkaian upaya untuk melindungi kealamian ekosistem di sekitar sumber airnya, memastikan proses produksi secara higienis dan terjaga, dan memproses produk dengan seksama melalui sistem terintegrasi menyeluruh tanpa tersentuh tangan.

Danone-AQUA memastikan kualitas dan kemurnian setiap produk Aqua telah melewati proses pengecekan 400 parameter fisika, kimia, dan mikrobiologi. Setiap sumber air Aqua juga telah melalui 9 kriteria pemilihan, 5 tahapan, serta minimal 1 tahun penelitian.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...