Minggu, Juli 14, 2024

Creating liberating content

Tangani Limbah Corona, PT...

Jakarta, Limbahnews.com - Penanganan limbah medis terkait wabah corona (Covid-19) oleh PT Jasa...

Garap Investasi, NTB Bakal...

Mataram, Limbahnews.com - Organisasi nirlaba Classroom of Hope bertemu Wakil Gubernur NTB Sitti...

Eka Sari Lorena Masuk...

Jakarta, Limbahnews.com - PT Eka Sari Lorena Transport Tbk (LRNA) tengah menjajaki bisnis...

Indonesia Luncurkan Bursa Karbon,...

Pemerintah Indonesia secara resmi meluncurkan Bursa Karbon pada hari Selasa lalu (26/9/23) ....
BerandaTeknologiKoran Ramah Lingkungn...

Koran Ramah Lingkungn Ini Bisa Tumbuh Jadi Tanaman

Terobosan dilakukan salah satu pernerbit koran Asal Jepang, inovasinya pun kini ditiru oleh India dan Amerika Serikat

Pernah kah Anda membayangkan sebuah koran yang biasanya dari kertas ternyata bisa tumbuh menjadi tanaman bahkan bisa dikonsumsi, lho. Anda yang mendengarnya mungkin tidak akan percaya, namun sebuah penerbit asal Jepang telah membuktikannya.

Jepang dikenal sebagai negara yang kerap melahirkan teknologi dan inovasi baru. Termasuk yang dilakukan oleh The Mainichi Shimbunsha, salah satu penerbit di Negeri Sakura yang berhasil menyulap koran menjadi tanaman herbal atau koran hijau, lho.

The Mainichi Shimbunsha pertama kali meluncurkan koran hijau ini pada tahun 2016 lalu saat peringatan Grenery Day yang jatuh setiap tanggal 16 Mei. Baru-baru ini, mereka meluncurkan edisi khusus koran yang bertema lingkungan dan dicetak dengan kertas 100 persen biodegradable dengan tinta nabati. Kertas itu juga disematkan biji sehingga ketika ditanam dengan baik akan tumbuh menjadi bunga, menarik kupu-kupu, atau penyerbuk lainnya

Tak usah bingung soal bagaimana cara panduan memanfaatkan koran menjadi tanaman karena penerbit telah mencantumkan instruksi yang mengharuskan seseorang merobek koran bekas menjadi potongan-potongan kecil, menanam potongan-potongan tersebut di tanah, dan menyiram isinya.

Anda akan bertanya siapa nih yang ounya ide brilian ini. Nah Dentsu Inc, salah satu biro iklan terbesar di Jepang lah yang menggagas hal ini. Denstu Inc kemudian menggandeng The Mainichi. Penerbit percaya bahwa kelestarian lingkungan adalah nilai inti dan berhasil menjadi sebuah misi besar.

Laporan dari The Planet Voice kurang lebih 4 juta eks eksemplar diedarkan di Jepang setiap hari. Inovasi ini telah berhasil menyuarakan kemampuan koran hijau untuk menjangkau pelosok negeri dan memengaruhi masyarakat memperhatikan lingkungan sekitar.

Tambahan informasi, koran hijau ini telah menginspirasi 4,6 juta orang dan telah mengumpulkan lebih dari $700.000 (Rp 10 miliar) untuk penerbit. Penerbit juga mendapatkan 80 juta yen (Rp 8 miliar) dari hasil liputan lingkungan yang mereka muat.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...