Rabu, Juli 24, 2024

Creating liberating content

Pelaku Industri Kimia dan...

Jakarta, Limbahnews.com - Pelaku industri plastik yang tergabung dalam Asosiasi Industri Olefin, Aromatik...

Indonesia Buang Makanan Rp...

Bogor, Limbahnews.com - Konsumsi makanan yang melebihi angka produksi memunculkan banyak permasalahan, mulai...

Investasi Plastik Ramah Lingkungan,...

Jakarta, Limbahnews.com - PT Cheil Jedang Indonesia (PT CJ Indonesia) kembali mengembangkan investasi...

Setelah Covid-19, Ekonomi Indonesia...

Limbahnews.com - Kita semua sedang dilanda kecemasan atas wabah Coronavirus of Disease 2019...
BerandaKomunitasHebat! Total 300...

Hebat! Total 300 Ton Sampah yang Dibersihkan Warga di Pantai Sukaraja Lampung

Aksi yang diinisiasi Pandawara Group itu berhasil membersihkan pantai terkotor nomor dua di Indonesia.

Baru-baru ini viral di media sosial terkait aksi Pandawara Group bersama masyarakat Provinsi Lampung yang membersihkan pantai Sukaraja yang terletak di Kecamatan Bumi Waras, Kota Bandar Lampung.

Pantai Sukaraja ini dijuluki pantai terkotor nomor dua di Indonesia. Terpantau dari media sosial yang dibagikan Pandawara Group di TikTok dan Instagram, sepanjang bibir pantai dipenuhi sampah. Bahkan perahu dan kapal yang ada di pantai juga terlihat penuh dengan kubangan sampah.

Sebelumnya, Pandawara Group mendapat laporan dari rekan pandawara yang ada di seluruh Indonesia.

“Jadi, sampai saat ini kita mempunyai rekan-rekan di setiap kota. Dari Aceh sampai timur, mereka selalu memonitoring di setiap tempat dan kota, di Provinsi masing-masing. Pada akhirnya selalu ada laporan ke kita setiap saat, dan akhirnya kita datangi,” tegasnya.

Dilaporkan juga, dalam aksi bersih pantai ini, total sampah yang terkumpul sebanyak 300 ton. “Iyaa 300 ton, kita buang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bakung,” kata Budiman, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Bandar Lampung.

Untuk membawa sampah itu dari Pantai Sukaraja ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bakung, Dinas LH mengerahkan sebanyak 40 armada truk dan 400 orang personel.

“Jadi sitem rit (perjalanan bolak-balik) truk itu, kita bersama berkerja membersihkan sampah ini,” kata dia.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...