Jumat, Juli 12, 2024

Creating liberating content

Indonesia Buang Makanan Rp...

Bogor, Limbahnews.com - Konsumsi makanan yang melebihi angka produksi memunculkan banyak permasalahan, mulai...

Coca-Cola Bangun Pabrik Daur...

Jakarta, Limbahnews.com - Coca-Cola Amatil Indonesia (Amatil Indonesia) dan Dynapack Asia melakukan pembangunan...

Vietnam Mulai Lirik Kredit...

Jakarta, Limbahnews.com - Konsep kredit plastik dalam mengurangi limbah dari plastik terus digulirkan...

Tutup Usaha Akibat Corona,...

Jakarta, Limbahnews.com - Wabah virus corona di Indonesia membuat dunia usaha mati suri,...
BerandaKomunitasGerakkan Ribuan Warga...

Gerakkan Ribuan Warga Bersihkan Pantai Terkotor No.2 di Indonesia, Pandawara Group Banjir Pujian

Berawal yang hanya 5 personel, Pandawara Group kini mampu menggerkakan lebih dari 3 ribu warga lampung untuk membersihkan pantai

Pandawara Group yang terdiri dari lima anak muda dikenal dengan aksi peduli lingkungan seperti membersihkan sampah di sungai, selokan, pinggir pantai, dan lain-lain. Baru-baru ini aksi mereka mendapat pujian dan apresiasi besar dari masyarakat lampung dan warganet.

Pasalnya, Pandawara Group berhasil menggerakkan ribuan warga lampung untuk membersihkan pantai terkotor nomor dua di Indonesia, tepatnya di Pantai Sukaraja. Pantai ini terletak di Kecamatan Bumi Waras, Kota Bandar Lampung.

“Lagi-lagi kita menemukan kondisi pantai yang kotor akibat acuhnya kita terhadap lingkungan. Lampung mohon maaf tanpa mengurangi rasa hormat, pantai terburuk dan terkotor kedua di Indonesia ada di daerah kalian,” kata Pandawara Group dalam unggahan media sosial mereka @pandawaragroup di tiktok dan Instagram.

Tampak dalam video itu juga sampah yang menumpuk sepanjang pantai. Sampah tersebut juga masuk ke dalam air laut yang membuat perahu dan kapal penuh dengan kubangan sampah.

Dalam unggahan media sosialnya juga, Pandawara Group mengajak masyarakat, pemuda, dan pemerintah lampung untuk membersihkan pantai. Diluar dugaan, aksi bersih pantai ini mampu mengajak ribuan warga lampung yang terdiri dari masyarakat, pemerintah, aparat kepolisian dan TNI, serta pemuda setempat.

Diperkirakan kurang lebih 3.700 orang terlibat aksi bersih pantai terkotor nomor dua di Indonesia ini. Aksi ini pun mendapat apresiasi dari semua kalangan.

Sebelumnnya, Pandawara Group yang beranghotan lima pemuda ini yaitu Muchamad Ikhsan, 21, Gilang Rahma, 22, Agung Permana, 22, Rafly Pasya, 22, dan Rifki Sa’dulah, 22 telah membersihkan pantai terkotor nomor 1 di Indonesia yang terletak di Kabupaten Pandeglan, Banten.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...