Minggu, Juli 21, 2024

Creating liberating content

Omset Emiten Daur Ulang...

Jakarta, Limbahnews.com - PT Inocycle Technology Group Tbk (INOV), produsen staple buatan/Recycled Polyester...

Jepang Ingin Impor Limbah...

Ilustrasi pengolahan limbah sawit (Mikrobios.id)Medan, Limbahnews.com - Jepang tertarik mengimpor limbah dari kelapa...

Botol PET Wajib Pakai...

Jakarta, Limbahnews.com - Asosiasi Industri Air Minum Dalam Kemasan (Aspadin) menyatakan kewajiban menggunakan...

Eka Sari Lorena Masuk...

Jakarta, Limbahnews.com - PT Eka Sari Lorena Transport Tbk (LRNA) tengah menjajaki bisnis...
BerandaWorldDidominasi Asia dan...

Didominasi Asia dan Afrika, Ini Daftar Negara Terkumuh di Dunia

Kebersihan suatu negara penting guna memastikan warganya hidup sehat.

Bila kemarin kita membahas negara terbersih di dunia yang didominasi negara Eropa, kali ini yang akan dibahas negara terkumuh di dunia. Sayang negara terkumuh di dunia mayoritas berasal dari Asia dan Afrika.

Apakah Indonesia termasuk negara terkumuh di dunia?. Nah berdasarkan laporan World Air Quality dari IQAir 2021 dan Indonesia Expat, Indonesia menempati peringkat ke-17 negara paling terpolusi di Asia Tenggara, lho.

Padahal kebersihan sebuah negara merupakan sesuatu yang mutlak guna menjamin warga negaranya hidup dengan berkualitas. Negara yang akan dibahas mempunyai masalah dibidang lingkungan khususnya terkait dengan Polusi udara, kualitas air yang buruk, serta tumpukan sampah.

Tak sedikit dari warga negara tersebut terjangkit beberapa penyakit seperti seperti diare, asma, kanker paru-paru, tifus dan hepatitis. Angka harapan hidup di negara inipun rata-rata juga rendah.

Lalu apa saja negara terkumuh di dunia, berikut daftarnya dilansir dari berbagai sumber.

  1. Bangladesh

Negara yang beeada di Asia Selatan ini dinobatkan negara terkotor di dunia. Tak hanya kotor, negara ini juga memegang predikat negara tercemar di dunia berdasarkan laporan dari Statisca.

Lingkungan di negara ini sangat kotor dan terjadi pencemaran dimana-mana. Hal ini diperparah dengan banyaknya jumlah warga Bangladesh sehingga pemukiman dibeberapa kota sangat padat. Apalagi di Ibukota Dhaka.

Dhaka juga dikenal sebagai kota dengan pencemaran polusi paling tinggi di dunia. Kemacetan dinegara ini juga sangat padat.

  1. India

Negara Asia Selatan lainnya yang juga masih serumpun dengan Bangladesh yakni India terpilih sebagai negara terkumuh nomor dua di dunia.

Masalah lingkungan seperti kota yang tercemar, sungai kotor, kondisi jalan yang buruk serta pembuangan air yang kecil menjadi masalah besar di negara Bollywood ini.

Negara yang berpenduduk nomor dua di dunia ini juga punya masalah pada sampah dimana warganya memproduksi sampa hingga 65 juta ton pertahun.

  1. Pakistan

Masih dari negara Asia Selatan lainnya, Pakistan dinobatkan sebagai negara terkumuh nomor 3 di dunia. Diberitakan lebih dari 40 juta penduduknya tidak memiliki toilet sehingga membuat kualitas udara di nwgara sangat buruk.

Salah satu kota bernama Lahore juga termasuk negara oaling tercemar di dunia. Pakistan juga punya masalah sampah dengan produksi yang tinggi yaitu 45 juta ton pertahun.

  1. Afganistan

Lagi-lagi dsri negara Asia Selatan, Afganistan juga didapuk sebagai negara terkumuh nomor 4 di dunia. Negara yang memiliki wilayah yang masuk Asia Tengah ini juga memiliki kualitas udara yang sangat buruk.

Aktivitas seperti polusi industri, emisi kendaraan, dan bahan bakar kualitas buruk membuat udara di Ibukota Afganistan sanga tidak layak untuk dihirup.

Negara ini juga punya masalah air bersih yang sangat kurang. 80 persen air minum dinegara ini sudah tercemar dan tak layak diminum.

  1. Oman

Negara Timur Tengah ini juga berada dalam daftar negara terkotor nomor 5 di dunia. Masalah seperti sampah yang banyak, kualitas udara, dan pencemaran lingkungan di nagara ini seakan tidak bisa diselesaikan.

tingkat polusi udara di negara Oman mencapai 53.9 µg/m³ dan merupakan salah satu yang terburuk di dunia.

  1. Kyrgistan

Masalah samoah dan pengelolaan limbah ditambah polusi udara di Kyrgistan menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah setempat.

Bahkan Ibukota negara Bishkek dinobatkan sebagai salah satu kota dengan kualitas udara terburuk di dunia. November 2020 hingga 2022 lalu, wilayah Bishkek mengalami kondisi polusi udara yang sangat berbahaya dalam kurun waktu 32 hari.

Kejadian mengakibatkan sebagian besar warganya mengalami gejala penyakit pernapasan serius, seperti sesak napas atau asma, bahkan gejala kanker paru-paru.

  1. Kongo

Negara yang berada di Benua Afrika ini juga tergolong negara terkotor di dunia. Isu lingkungan seperti masalah pengelolan limbah dan sistem drainase yang sangat buruk menjadi momok.

Indeks kesehatan dan sanitasi negara ini juga sangat buruk. Ditambah masalah menyedikan makanan yang bergizi bagi masyarakat masih menyelemuti negara ini.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...