Minggu, Juli 21, 2024

Creating liberating content

Circulate Capital Luncurkan Pendanaan...

Mountrash membangun kemitraan dalam pengelolaan sampah plastik di Indonesia.Jakarta, Limbahnews.com - Circulate Capital...

Botol PET Wajib Pakai...

Jakarta, Limbahnews.com - Asosiasi Industri Air Minum Dalam Kemasan (Aspadin) menyatakan kewajiban menggunakan...

Turis Asing Kapok ke...

Ilustrasi potensi wisata di Indonesia.Bintan, Limbahnews.com - Environment Estate Departemen Nirwana Resort...

Ramadan Dongkrak Penjualan AMDK,...

Jakarta, Limbahnews.com - Industri Air Minum dalam Kemasan (AMDK) di Indonesia mulai bergerak...
BerandaLimbahTips Mendaur Ulang...

Tips Mendaur Ulang Sampah dari Rumah yang Bisa Anda Coba

Sampah yang dihasilkan dirumah bisa diubah menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Tahu tidak, salah satu penyumbang sampah terbesar di Indonesia pada tahun 2021 berasal dari rumah tangga, angkanya kurang lebih 42 persen. Sangat banyak bukan?. Tapi, pernahkah Anda terpikir daripada membuang sampah mending lebih baik dimanfaatkan?.

Nah, kebanyakan masyarakat bingung cara mendaur ulang sampah dan tidak sedikit yang mengira prosesnya harus menggunakan mesin. Padahal daur sampah tidak melulu menggunakan mesin, lho.

Nah, berikut cara pengelohan sampah yang bisa Anda coba dirumah dirangkum dari berbagai sumber.

Pertama, Anda pernah mendengar prinsip 3R?. Nah, 3R ini kepanjangan dari Reuse (penggunaan kembali), Reduce (mengurangi), dan Recycle (mendaur ulang). 3R merupakan perpanjangan tangan dari pemisahan sampah sesuai jenisnya.

Pada penerapannya, Anda bisa memanfaatkan botol plastik yang terbuang menjadi hiasan dindin, vas bunga, dan aneka kerajinan tangan lainnya.

Kedua, mengubah sisa makanan, sayuran, dan buah-buahan menjadi pupuk kompos. Cara ini paling sering diterapkan masyarakat kita.

Pupuk kompos yang dihasilkan bisa lanngsung diberikan kepada tanaman. Diberbagai studi, hasilnya pun sangat baik lho.

Ketiga, membuat Ecobrik, mungkin kedengaran masih asing ditelinga masyarakat. Memang dalam pengolahan sampah plastik jadi ecobrik memerlukan pengetahuan dan agak susah susah gampang.

Umumnya botol plastik yang diisi dengan limbah non-biological untuk membuat blok bangunan yang nantinya bisa dipakai kembali. Ecobrik bisa digunakan untuk furnitur modular, perabotan indoor, dinding struktur, dan masih banyak lagi.

Keempat, membuat bank sampah mandiri. Cara ini bisa Anda coba dengan melihat potensi sampah yang sangat banyak. Banyak anak bangsa yang kemudian mendirikan bank sampah sendiri kemudian mengolahnya dengan mandiri.

Dengan cara ini, Anda tidak hanya membantu mengurangi sampah hingga harus dibawa lagi ketempat pembuangan akhir. Namun, juga memberi Anda keuntungan secara ekonomi.

Kelima, manfaatkan plastik sekali pakai menjadi pot bungan. Hal yang samapun bisa anda terapkan pala kaleng susu dan susu formula anak menjadi pot bungan. Anda bisa mendesainnya dengan menarik. Dengan cara ini pun Anda telah berkontribusi mengurangi sampah, lho.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...