Kamis, Juli 11, 2024

Creating liberating content

Sektor Makanan dan Minuman...

Jakarta, Limbahnews.com - Sejumlah tantangan harus dihadapi industri plastik hilir. Sebut saja terimbas...

Indonesia Luncurkan Bursa Karbon,...

Pemerintah Indonesia secara resmi meluncurkan Bursa Karbon pada hari Selasa lalu (26/9/23) ....

BUMN Pertanian Garap Limbah...

Jakarta, Limbahnews.com - PT Pertani (Persero) menggandeng Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pasca...

Terkait Amdal dan Limbah,...

Jakarta, Limbahnews.com - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) berkomitmen ikut berkontribusi mengurangi...
BerandaLimbahProduksi Sampah Penduduk...

Produksi Sampah Penduduk Indonesia Capai 250 Kg Per Tahun

Angka ini diprediksi akan meningkat setiap tahunnya

Kesadaran lingkungan di beberapa negara berkembang dan miskin tergolong sangat rendah. Termasuk di Indonesia, sebagian besar penduduknya masih membuang sampah sembarangan.

Tak hanya membuang sampah, kepedulian mengolah atau mendaur ulang sampah juga sangat kurang. Padahal, sampah bisa menjadi lahan bisnis yang bagus bila penanganannya tetap sasaran.

Menurut data The Atlas of Sustainable Development Goals tahun 2023, produksi sampah di Indonesia mencapai 65, juta ton tahun 2020 lalu. Angka itu menempatkan Indonesia menempati urutan nomor lima di dunia.

Bila dibagi dengan jumlah penduduk Indonesia, rata-rata tiap orang memproduksi sampah 25 kg per tahun. Angka ini juga menempatkan penduduk Indonesia berada diurutan nomor lima di ASEAN.

Sementara di urutan pertama, volume sampah perkapita terbanyak ada pada negara Brunei Darussalam dengan 551 kg per tahun. Disusul Malaysia dengan produksi sampah tiap penduduknya mencapai 429 kg. Kemudian diurutan ketiga ada negara Thailand dengan produksi sampah warganya 391 kg.

Berdasarkan laporan itu juga, produksi sampah tiap negara maju cenderung banyak lantaran warganya memiliki tingkat konsumsi yang banyak. Meski begitu, dalam beberapa dekade kedepan produksi sampah dunia bakal didominasi negara menengah dan bawah.

Sampah di negara menengah atas diprediksi akan meningkat 70%, sementara di negara berkembang kebawah jauh akan lebih banyak. Bahkan akan meningkat dua kali lipat tahun 2050 nanti.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...