Minggu, Juli 21, 2024

Creating liberating content

Peluang Bisnis Pengelolaan Limbah...

Jakarta, Limbahnews.com - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) melihat adanya potensi untuk terlibat...

Sektor Makanan dan Minuman...

Jakarta, Limbahnews.com - Sejumlah tantangan harus dihadapi industri plastik hilir. Sebut saja terimbas...

Potensi Pasar Masih Besar,...

German - Indonesian Forum on Potential Cooperation in Indonesia's Recycling Sector (Econid)Jakarta, Limbahnews.com...

Anthony Pratt, Miliarder Daur...

Jakarta, Limbahnews.com - Bukan rahasia lagi bagi turunan Yahudi menguasai ekonomi dunia. Rupanya...
BerandaLimbahKota Dengan Polusi...

Kota Dengan Polusi Terendah di Indonesia, Nyaman Untuk Ditinggali

Kualitas udara di kota ini sangat baik dan jauh dari polusi.

Mungkin Anda memiliki keinginan untuk tinggal di daerah yang mempunyai kualitas udara yang rendah, bukan?. Selain membuat anda nyaman beraktivitas di luar rumah, udara yang dihirup pun jauh dari polusi.

Namun saat ini, hanya sedikit daerah perkotaan yang punya kuakitas udara rendah, yang ada hanyalah asap dimana-dimana yang membuat anda tidak nyaman keluar rumah. Jika keluar rumah pun anda sudah pasti memakai masker untuk meminimalir polusi yang akan Anda hirup.

Nah, ada beberapa faktor yang membuat kualitas udara di daerah tertentu menjadi tinggi seperti aktivitas manusia dan proses alami. Aktivitas manusia yang menyebabkan banyaknya polusi diantaranya kegiatan di industri, pabrik, dan memakai kendaraan bermotor serta mobil.

Sementara, faktor alam bisa karena gunung meletus dan kebakaran hutan. Lalu kota apa saja di Indonesia yang mempunyai kualitas udara yang rendah.

Banyuwangi

  1. Menurut data indeks kualitas udara atau Air Quality Indeks (AQI), kualitas udara di Banyuwangi tergolong baik sehingga skota ini sangat nyaman ditinggali.

Banyuwangi merupakan daerah paling utara pulau Jawa dan masuk wilayah Provinsi Jawa Timur. Kota ini sering dikunjungi wisatawan lantaran mempunyai banyak destinasi wisata, salah satu yang tersohor adalah Kawah Ijen yang mempunyai api abadi yang berwarna biru.

Buleleng

Siapa yang tidak kenal Bali?. Atau bahkan Anda sudah pernah liburan ke sana ?. Wisatawan yang datang ke Bali sebagain besar mengunjungi kota Buleleng.

Buleleng merupakan daerah destinasi wisata yang beragam seperti hutan yang menjadi tempat tinggal flora dan fauna, air terjun, danau, sungai, dan persawahan. Tak hanya itu Buleleng ditetapkan sebagai kota dengan kualitas udara rendah nomor di Indonesia lho. Meski tiap tahun dikunjungi wisatawan, Buleleng tetap mempertahankan areal hutan agar tidak rusak.

Aceh

    Diposisi ketiga dihuni oleh kota Banda Aceh sebagai kota dengan kualitas udara yang masuk kategori baik. Aceh secara konsisten menjaga udara dari banyak polusi.

      Kondisi geografi Aceh yang banyak terdapat hutan dan pantai menjadi nilai tersendiri. Acrh juga dikenal dengan wisata baharinya yang indah.

      Ambon

      Nah, kota penghasil rempah ini juga dikenal punya kualitas udara yang baik. Ambon memiliki kawasan hutan yang luas dan pantai.

        Sama seoerti di Aceh, destinasi wisata yang terkenal di pulau Maluku ialah bahari. Pantai yang indah dan terumbu karang yang menakjubkan akan menjadi pemandangan yang ditawarkan.

        Manado

        Manado merupakan Ibuka dari Provinsi Sulawesi Utara yang terkenal akan wisata baharinya. Oaling populer dimata wisatawan iakah Taman Bunaken yang mempunyai pemandangan bawah laut yang sangat indah.

          Selain itu, kota Manado juga terkenal akan kesejukannya karena memiliki hutan dan pepohonan. Tak heran, Manado dinobatkan salah satu kota yang memounyai kualitas udara yang baik.

          Continue reading

          Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

          Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

          Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

          Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

          Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

          Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...