Kamis, Juli 11, 2024

Creating liberating content

Limbah Sawit PTPN II...

Jakarta, Limbahnews.com - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) II, anak perusahaan PT Perkebunan Nusantara...

Anthony Pratt, Miliarder Daur...

Jakarta, Limbahnews.com - Bukan rahasia lagi bagi turunan Yahudi menguasai ekonomi dunia. Rupanya...

Circulate Capital Luncurkan Pendanaan...

Mountrash membangun kemitraan dalam pengelolaan sampah plastik di Indonesia.Jakarta, Limbahnews.com - Circulate Capital...

Pemerintah Beri Insentif PPN,...

Jakarta, Limbahnews.com - Pemerintah saat ini terus memperbaiki ekosistem industri daur ulang sampah...
BerandaLimbahDaftar Provinsi di...

Daftar Provinsi di Indonesia yang Mempunyai Hutan Lindung Terluas

Hutan lindung mempunyai banyak manfaat salah satunya sebagai ‘gudang’ oksigen.

Keberadaan hutan lindung di sebuah negara sangat bermanfaat bagi manusia dan lingkungan. Bagi lingkungan, hutan lindung merupakan sumber penghasil oksigen dan juga katalisator terhadap pemanasan global.

Manfaat lain dari hutan lindung yang tidak banyak orang tahu seperti gudang sumber air, daerah perlindungan pantai, mencegah pantai, pengendalian erosi, dan sumber unshur hara bagi tanah dan tanaman.

Beruntung, Indonesia dianugerahi kawasan hutan lindung yang sangat luas. Bahkan, Indonesia menduduki urutan ke delapan di dunia dengan areal hutan terluas berdasarkan laporan Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO).

Nah, provinsi di Indonesia yang mempunyai areal kawasan hutan lindung terluas dimiliki oleh Papua. Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik tahun 2019, hutan lindung di Papua mencapai 7,8 Juta hektar.

Papua menjadi rumah bagi flora dan fauna endemik seperti burung kasuari, burung cendrawasih, tikus raksasa, dan lain-lain. Sementara diurutan kedua di tempati Kalimantan Timur dengan luas hutan 2,85 Juta hektar dan posisi ketiga ditempati Provinsi Kalimantan Barat dengan luas 2,31 Juta hektar.

Penetapan hutan lindung sendiri tidak sembarangan, yang masuk kategori hutan lindung apabila memenuhi syarat, seperti berada diatas ketinggian 2.000 mdpl dan memiliki lereng lapangan sebanyak 40%.

Berikut daftar provinsi di Indonesia yang memiliki kawasan hutan lindung terluas di Indonesia.

  1. Papua, 7,8 Juta hektar.
  2. Kalimantan Timur, 2,8 Juta hektar
  3. Kalimantan Barat, 2,3 Juta hektar
  4. Aceh, 1,8 Juta hektar
  5. Papua Barat, 1,6 Juta hektar
  6. Kalimantan Tengah, 1,3 Juta hektar
  7. Sulawesi Tengah, 1,3 Juta hektar
  8. Sumatera Utara, 1,2 Juta hektar
  9. Sulawesi Selatan, 1,2 Juta hektar
  10. Sulawesi Tenggara, 1,1 Juta hektar

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...