Kamis, Juli 11, 2024

Creating liberating content

Peluang Bisnis Pengelolaan Limbah...

Jakarta, Limbahnews.com - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) melihat adanya potensi untuk terlibat...

Garap Investasi, NTB Bakal...

Mataram, Limbahnews.com - Organisasi nirlaba Classroom of Hope bertemu Wakil Gubernur NTB Sitti...

Tipping Fee Bantargebang Rp...

Bekasi, Limbahnews.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi bakal menerima uang sebesar Rp 379...

Indonesia Luncurkan Bursa Karbon,...

Pemerintah Indonesia secara resmi meluncurkan Bursa Karbon pada hari Selasa lalu (26/9/23) ....
BerandaLimbahSampah dengan Masa...

Sampah dengan Masa Urai Paling Lama

Butuh waktu sampai ratusan hingga ribuan tahun untuk terurai

Sampah masih menjadi masalah yang banyak menimbulkan kerusakan lingkungan. Hingga kini solusi terbaik sudah dilakukan baik pemerintah, pecinta lingkungan, dan masyarakat, namun produktivitas sampah juga tak terbendung tiap tahun. 

Seluruh negara di dunia menghasilkan sampah mencapai milyaran ton. Dan yang bisa didaur ulang dan dimanfaatkan tidak sampai setengah dari jumlah sampah di dunia. 

Kondisi itu juga ditambah dengan banyaknya sampah yang sulit diurai oleh alam. Terutama sampah anorganik, masa urainya bahkan ada yang bisa mencapai ribuan tahun. JIka ini terus dibiarkan, sudah barang tentu lingkungan akan menjadi tercemar dan rusak.

Dampaknya pun beragam dari penurunan kualitas tanah, menghasilkan polusi, mengancam makhluk hidup, dan lain-lain. Lalu Sampah apa saja yang mempunyai umur panjang dan sulit diurai, berikut daftarnya dilansir dari berbagai sumber.

Sampah Plastik

Sampah plastik menjadi sampah yang paling sulit diurai secara alami, bahkan diperlukan waktu 1000 tahun untuk mengurai sampah ini untuk benar-benar hilang di alam. Anda mungkin sering menjumpai sampah plastik dilingkungan seperti botol plastik, kantong, tumbler, sedotan, dan berbagai produk yang berbahan plastik.

Tahun 2022 lalu saja, negara kita menghasilkan sampah plastik sebanyak 28 juta ton lebih, angka ini sangat besar dan Indonesia menjadi salah satu negara penghasil sampah plastik tertinggi di dunia.

Sampah Popok dan Pembalut

Penggunaan popok yang tinggi telah menimbulkan masalah yang serius, pasalnya popok bayi tergolong sampah yang sulit diurai alam, membutuhkan waktu 250 hingga 500 tahun. kedepan diperkirakan penggunaan popok bakal terus meningkat, apalagi anak-anak yang berusia 6 bulan sampai 2,5 tahun yang menjadi penyumbang terbesar penggunaan popok.

Hal yang juga pada pembalut yang sangat sulit diseleksi oleh alam, masa urainya pun mencapai 800 tahun. Bila hal ini tidak ditindaki secara bijak, bakal menimbulkan kerusakan lingkungan yang parah.

Sampah Makanan

Jumlah sampah makanan di Indonesia sangat tinggi, bahkan nomor dua di dunia. Meski masa penguraian sampah makanan relatif cepat yakni kurang lebih satu bulan. Namun akan menjadi masalah jika jumlahnya sangat banyak.

Sampah Kertas

Sampah kertas juga memiliki jumlah yang sangat banyak di lingkungan. Sama seperti sampah makanan, penguraian sampah kertas tergolong agak cepat lantaran membutuhkan waktu antara 2 sampai 6 minggu. Namun sampah ini akan menjadi bumerang bila dibiarkan dan didaur ulang.

Kaca

Sampah kaca tergolong sampah yang sangat mudah untuk didaur ulang menjadi hiasan atau botol kembali kembali. Karena dalam prosesnya, kaca yang tidak terpakai cukup dicairkan dan dibentuk berbagai macam. Namun disisi lain, sampah kaca juga sangat sulit diurai alam, bahkan membutuhkan waktu jutaan tahun.

Sterofoam

salah satu sampah yang tidak bisa diurai alam adalah sampah steropoam. Sampah ini terbuat dari polystyrene, sejenis plastik dari petoleum.

Nah, tak hanya sampah diatas, masih banyak sampah yang membutuhkan puluhan tahun untuk betul-betul bisa diurai alam, seperti kaleng makanan butuh 50 tahun, sepatu kulit butuh 50 tahun, karton susu butuh 5 tahun, dan produk kayu butuh 10 tahun untuk terurai.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...