Minggu, Juli 21, 2024

Creating liberating content

Imbas Corona, Industri Daur...

Ilustrasi sampah plastik impor (Artalab.id)Jakarta, Limbahnews.com - Pengusaha Jawa Timur (Jatim) mulai...

Bahlil Ingin Kemudahan Izin...

Aktivitas industri jangan mengabaikan lingkungan hidup.Jakarta, Limbahnews.com - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal...

E-Commerce Akui Penjualan Bahan...

Jakarta, Limbahnews.com - E-commerce B2B resin atau biji plastik pertama di Indonesia, Tokoplas.com...

Eka Sari Lorena Masuk...

Jakarta, Limbahnews.com - PT Eka Sari Lorena Transport Tbk (LRNA) tengah menjajaki bisnis...
BerandaLimbahTiga Hal Sederhana...

Tiga Hal Sederhana yang Bisa Dilakukan untuk Jaga Lingkungan

Tantangan menjaga lingkungan saat ini sangat besar. Pemanasan global meningkat disebabkan eksploitasi alam yang tidak bijak, polusi yang dihasilkan dari kendaraan, hingga masalah sampah.

Para pemimpin dunia juga turut mengkampanyekan agar lingkungan dijaga disetiap pertemuan dan forum internasional. Termasuk pemerintah Indonesia yang berkomitmen untuk mengurangi 32% emisi karbon pada tahun 2030.

Lalu bagaimana menjaga lingkungan agar tidak rusak.? Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga lingkungan.

Menghemat penggunaan air dan listrik

Diketahui secara umum bahwa listrik berasal dari pembakaran fosil yang menjadi salah satu faktor pemanasan global. Nah langkah sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengurangi penggunaan listrik seperti mematikan lampu saat akan tidur, mencabut peralatan listrik yang tidak terpakai dan mematikan AC saat akan tidur.

Hal sama pun pada penggunakan air. Anda bisa mengawalinya dengan mematikan wastafel saat sikat gigi, mandi dengan air yang secukupnya tanpa harus menyalakan mesin.

Mengurangi penggunaan plastik

Penggunaan sampah plastik di dunia saat ini sangat mengkhawatirkan. Produksi sampah plastik per tahunnya menembus angka milyaran ton. Bila terus dibiarkan, tentu akan mengganggu lingkungan dan berdampak panjang kedepan dari segi ekonomi, sosial, dan ekologi.

Anda bisa mengurangi penggunaan plastik dengan mengambil langkah kecil speerti menggunakan tas kain bila ingin belanja. Anda juga bisa menggunakan tumbler dan sedotan plastik. Meski sederhana langkah ini sedkit banyak mengurangi penggunaan sampah plastik.

Mendaur ulang

Seyogianya penduduk bumi, termasuk Indonesia memahami proses mendaur ulang sampah. Sampah bisa dipilah menjadi organik dan anorganik. Kedua sampah itu pun bisa diolah menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Mulai dari membuat pupuk kompos untuk tanaman, menghasilkan gas yang ramah lingkungan, hingga membuat produk yang menarik dari sampah plastik. Untuk memastikan hal ini, perlu langkah nyata dari pemerintah dan masyarakat serta kesadaran akan lingkungan.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...