Minggu, Juli 14, 2024

Creating liberating content

Potensi Pasar Masih Besar,...

German - Indonesian Forum on Potential Cooperation in Indonesia's Recycling Sector (Econid)Jakarta, Limbahnews.com...

Tipping Fee Bantargebang Rp...

Bekasi, Limbahnews.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi bakal menerima uang sebesar Rp 379...

Ancaman Investasi Kabur Usai...

Jakarta, Limbahnews.com -- Sejumlah pengamat melihat ancaman hambatan investasi masuk ke Indonesia melalui...

Eka Sari Lorena Masuk...

Jakarta, Limbahnews.com - PT Eka Sari Lorena Transport Tbk (LRNA) tengah menjajaki bisnis...
BerandaRagamDeretan Desa Terbersih...

Deretan Desa Terbersih di Indonesia, Ada yang Diakui Dunia

Siapa yang tidak kenal dengan Desa yang satu ini, desa yang pernah ditetapkan dunia sebagai desa terbersih ini terletak di Provinsi Bali. Desa ini tidak pernah sepi dari pengunjung dalam dan luar negeri, apalagi saat Penglipuran Village Festival dijamin pasti akan ramai.

Mendengar kata desa kira-kira apa yang akan terlintas dibenak Anda?. Sebuah daerah yang hanya ditinggali beberapa masyarakat dan jumlah bangunan yang tidak sebanyak di perkotaan. Jalanan yang kerap tidak beraspal hingga penempatan rumah yang tidak tertata baik.

Hal itu mungkin seringkali Anda temui. Tapi jangan salah, Anda akan kaget dengan beberapa desa di Indonesia yang menjadi predikat terbersih, lho. Bahkan ada sebuah desa pernah meraih gelar desa terbersih di dunia.

Saat mengunjungi desa ini, dijamin Anda akan merasa betah dan ingin tinggal berlama-lama. Suasana yang sejuk hingga penataan rumah yang asri akan memanjakan mata anda. Lalu apa saja desa terbersih di Indonesia, berikut daftarnya.

Desa Penglipuran di Bali

Desa Penglipuran di Bali. Foto: Detik.

Siapa yang tidak kenal dengan Desa yang satu ini, desa yang pernah ditetapkan dunia sebagai desa terbersih ini terletak di Provinsi Bali. Desa ini tidak pernah sepi dari pengunjung dalam dan luar negeri, apalagi saat Penglipuran Village Festival dijamin pasti akan ramai.

Desa ini terkenal dengan bangunan khas Bali dengan tambahan Candi yang unik. Saat anda berkunjung ke desa ini, anda akan dilarang menaiki motor, hal ini dilakukan guna menjaga lingkungan tetap terjaga.

Desa Pujon Kidul di Malang

Desa yang terletak di Provinsi Jawa Tengah ini menawarkan pesona keindahan yang memanjakan mata. Bagaimana tidak, lanskap desa ini nyaris menyerupai desa yang ada di negeri dongeng.

Tak heran banyak orang tua mengajak anak-anak mereka bertandang ke Desa Pujon Kidul. Anda bisa menikmati berbagai wahana disini seperti menanam tanaman, memanen dan menikmati buah, melihat pemerasan susu, dan kegiatan lain yang dijamin seru.

Desa Wae Rebo di Flores, NTT

Anda ingin menikmati sensasi tinggal di desa diatas awan, cobalah bertandang ke Desa Wae Rebo yang berada di Kabupaten Manggarai, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Letaknya yang berada 1.2000 mdpl membuat desa ini selalu diselimuti awan.

Tak hanya itu, panorama alam yang ditawarkan desa ini pun aka membuat anda betah. Ditambah bangunan rumah yang khas berbentuk lingkaran
akan membuat bernostalgia kembali ke masa lalu. Masyarakat disini pun terkenal akan keramahannya, tak jarang dari mereka akan menawarkan kepada Anda untuk tinggal di rumahnya.

Desa Sumber Brantas di Jawa Timur

Anda ingin melihat taman bunga yang cantik dan luas ditambah pedesaan bersih nan asri maka Desa Sumber Brantas lah jawabannya. Desa ini selalu terlihat bersih karena kepedulian dari para masyarakatnya yang tinggi.

Ada aturan bila anda berkunjung ke taman bunga Anda dilarang untuk memetiknya. Di desa ini, ada pula titik mata air yang sangat dijaga oleh masyarakat. Selain itu Anda juga bisa menikmati kopi ataupun di kafe yang berada di desa ini.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...