Kamis, Juli 11, 2024

Creating liberating content

Daur Ulang 14,5 Juta...

Gideon W KetarenJakarta, Limbahnews.com – Aplikasi pengelolaan sampah, Mountrash.com, terus meningkatkan kinerjanya dalam...

DKI Jakarta Larang Kantong...

Ilustrasi sampah plastik di TPS Sunter Koja, Jakarta. (Ist)Jakarta, Limbahnews – Bebeharapa hari...

Imbas Corona, Industri Daur...

Ilustrasi sampah plastik impor (Artalab.id)Jakarta, Limbahnews.com - Pengusaha Jawa Timur (Jatim) mulai...

PD PAL Minta Dana...

Jakarta, Limbahnews.com - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi mengkritisi permintaan anggaran...
BerandaRagamCara Mudah Memulai...

Cara Mudah Memulai Kebiasaan Ramah Lingkungan

Mulai saja dengan langkah kecil dan terus bertindak untuk mengembangkan kebiasaan yang lebih ramah lingkungan. Dengan melakukan tindakan ini, kamu dapat membantu melindungi lingkungan dan planet kita.

Memulai kebiasaan ramah lingkungan merupakan langkah yang baik dan penting untuk kita lakukan guna menjaga keberlanjutan lingkungan hidup di sekitar. Mulai saja dengan langkah kecil dan terus bertindak untuk mengembangkan kebiasaan yang lebih ramah lingkungan. Dengan melakukan tindakan ini, kamu dapat membantu melindungi lingkungan dan planet kita.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memulai kebiasaan ramah lingkungan:

Kurangi penggunaan plastik sekali pakai
Plastik sekali pakai seperti sedotan, kantong plastik, dan botol plastik sangat merusak lingkungan karena sulit terurai dan seringkali berakhir di lautan. Sebagai gantinya, gunakan produk yang dapat digunakan berulang kali atau beralih ke produk yang lebih ramah lingkungan seperti kantong belanja kain atau botol minum kaca.

Gunakan transportasi umum atau bersepeda
Mengurangi penggunaan mobil pribadi dapat mengurangi emisi gas rumah kaca yang merusak lingkungan. Cobalah menggunakan transportasi umum atau bersepeda ketika memungkinkan.

Hemat energi listrik
Matikan peralatan listrik ketika tidak digunakan dan ganti lampu rumah Anda dengan lampu hemat energi atau LED. Ini dapat membantu mengurangi penggunaan energi dan mengurangi tagihan listrik Anda.

Kurangi limbah makanan
Buang makanan yang tidak dimakan dengan benar dapat membuang-buang sumber daya dan energi yang diperlukan untuk memproduksi makanan tersebut. Cobalah untuk membeli makanan sesuai kebutuhan dan menyimpan makanan dengan benar.

Daur ulang dan memperbaharui barang
Berikan barang yang tidak terpakai kepada orang lain atau daur ulang mereka ketika memungkinkan. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk membeli barang bekas daripada membeli barang baru, atau memperbaharui barang yang sudah dimiliki daripada membeli yang baru.

Kurangi konsumsi air
Gunakan air dengan hemat dan hindari pemborosan. Tutup keran saat tidak digunakan, perbaiki kerusakan pipa dan instal shower atau toilet yang hemat air.

Tanam pohon atau tanaman
Membeli tanaman atau menanam pohon dapat membantu mengurangi gas karbon dioksida di udara dan memperbaiki kualitas udara di sekitar Anda.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...