Kamis, Juli 25, 2024

Creating liberating content

Ramadan Dongkrak Penjualan AMDK,...

Jakarta, Limbahnews.com - Industri Air Minum dalam Kemasan (AMDK) di Indonesia mulai bergerak...

Adhi Karya Bidik Pendapatan...

Jakarta, Limbahnews.com - PT Adhi Karya Tbk (ADHI) mengincar pendapatan berulang atau recurring...

Angkasa Pura Properti dan...

Medan, Limbahnews.com - PT Angkasa Pura Properti, salah satu anak perusahaan PT Angkasa...

Danone AQUA-Veolia Bangun Pabrik...

Dokumentasi pencanangan pabrik (Ist)Pasuruan, Limbahnews.com - Pabrik daur ulang botol PET (Polyethylene Terephthalate)...
BerandaLimbahPilah Sampah untuk...

Pilah Sampah untuk Cegah Polusi Plastik

Polusi plastik dapat terjadi karena kurangnya kesadaran masyarakat mengenai pengelolaan sampah yang baik, praktik-praktik industri yang buruk dalam hal manajemen limbah

Polusi plastik merujuk pada akumulasi sampah plastik di lingkungan, seperti di lautan, sungai, hutan, dan kota-kota. Plastik sulit untuk terurai secara alami dan membutuhkan waktu ratusan hingga ribuan tahun untuk terurai, sehingga limbah plastik dapat mengotori lingkungan dan memengaruhi kehidupan makhluk hidup, termasuk manusia.

Polusi plastik dapat terjadi karena kurangnya kesadaran masyarakat mengenai pengelolaan sampah yang baik, praktik-praktik industri yang buruk dalam hal manajemen limbah, dan kurangnya infrastruktur pengelolaan sampah yang memadai.

Dampak dari polusi plastik sangat besar, di antaranya adalah kerusakan ekosistem laut, hilangnya habitat bagi hewan laut, gangguan pada rantai makanan, dan kesehatan manusia yang terancam karena terpapar bahan kimia berbahaya dari plastik yang terurai.

Untuk mengurangi polusi plastik, perlu dilakukan upaya-upaya seperti meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pengelolaan sampah yang baik, salah satu yang bisa dilakukan ialah memilah sampah dengan benar.

PILAH SAMPAH dilakukan dengan mengelompokkan sampah sesuai jenisnya. Ada dua jenis sampah yang populer yakni sampah organik dan anorganik.

Sampah organik berasal dari limbah makanan dan bisa diolah menjadi pupuk tanaman buah-buahan, sayuran dan tanaman hias dalam lingkup rumah tangga sehingga mengurangi biaya pembelian pupuk organik.

Sementara sampah Anorganik berasal dari kemasan kaca, plastik yang sulit diurai seperti gelas aqua plastik, botol plastik, kertas, kaca, karet, kain dan lain-lain.

Sampah Anorganik sangat sulit terurai. Wujudnya akan sama walau sudah berusia ratusan tahun. Alih-alih membuangnya di sembarang tempat, kamu bisa memanfaatkan sampah Anorganik.

Sampah Anorganik bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan yang bisa digunakan bahkan bisa menjadi barang yang bernilai jual. Ingat, dikatakan sampah jika barang atau bahan bekas pakai yang dicampur aduk pada satu tempat.

Jika kamu bisa memilah sampah anorganik, itu berarti kamu telah mengumpulkan bahan baku. Bahan baku seperti plastik, kertas, kaca, besi, aluminium, tembaga, karet dan kayu. Bahan baku tersebut masih dibutuhkan oleh industri di Indonesia maupun dunia.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...