Jumat, Juli 12, 2024

Creating liberating content

Turis Asing Kapok ke...

Ilustrasi potensi wisata di Indonesia.Bintan, Limbahnews.com - Environment Estate Departemen Nirwana Resort...

Danone AQUA-Veolia Bangun Pabrik...

Dokumentasi pencanangan pabrik (Ist)Pasuruan, Limbahnews.com - Pabrik daur ulang botol PET (Polyethylene Terephthalate)...

Eka Sari Lorena Masuk...

Jakarta, Limbahnews.com - PT Eka Sari Lorena Transport Tbk (LRNA) tengah menjajaki bisnis...

Setelah Covid-19, Ekonomi Indonesia...

Limbahnews.com - Kita semua sedang dilanda kecemasan atas wabah Coronavirus of Disease 2019...
BerandaLimbahData Sampah di...

Data Sampah di Indonesia: Jawa Tengah Jadi ‘Penyumbang’ Terbanyak

Indonesia menghasilkan jutaan ton timbunan sampah per tahun. Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), pada tahun 2022, ada 19,45 juta ton timbunan sampah.

Indonesia menghasilkan jutaan ton timbunan sampah per tahun. Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), pada tahun 2022, ada 19,45 juta ton timbunan sampah.

Yang menarik, mayoritas sampah yang ada berasal dari sampah rumah tangga. Angkanya mencapai 39,63 persen.

Lalu, ‘sumbangan’ sampah terbesar hadir dari perniagaan sebesar 21,07 persen. Justru, pasar yang selama ini dianggap sebagai ‘gudang’ sampah berada di posisi ketiga, dengan produksi sampah sebanyak 16,08 persen.

Sementara pada kawasan komersi seperti industri dan kawasan lainnya, sampah yang dihasilnya sebanyak 7,14 persen. Disusul sampah dari fasilitas publik sebesar 6,82 persen, lalu sampah perkantoran sebesar 5,96 persen, serta lain-lainnya yang menyumbang 3,3 persen sampah.

Diurutkan untuk jenis sampah yang paling banyak di Indonesia, sampah sisa makanan yang terbanyak. Angkanya mencapai 41,55 persen, lalu sampah plastik sebanyak 18,55 persen.

Kemudian ada sampah berupa kayu/ranting 13,27 persen, kertas/karton 11,04 persen, logam 2,86 persen, kain 2,54 persen, kaca 1,96 persen, karet/kulit 1,68 persen, dan sampah jenis lainnya 6,55 persen.

Berdasar asal produksi sampah terbanyak, Jawa Tengah jadi lumbungnya per tahun 2022. Jawa Tengah menyumbang 4,25 juta ton sampah atau 21,85 persen.

Disusul DKI Jakarta 3,11 juta ton, Jawa Timur 1,63 juta, dan Jawa Barat dengan total timbulan sampah 1,11 juta ton. Sementara itu, menurut KLHK sebanyak 9,06 juta ton sampah nasional berhasil ditangani sepanjang 2022. Kemudian 5,05 juta ton timbulan sampah dapat dikurangi tahun lalu.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...