Kamis, Juli 25, 2024

Creating liberating content

Sektor Makanan dan Minuman...

Jakarta, Limbahnews.com - Sejumlah tantangan harus dihadapi industri plastik hilir. Sebut saja terimbas...

Indonesia Luncurkan Bursa Karbon,...

Pemerintah Indonesia secara resmi meluncurkan Bursa Karbon pada hari Selasa lalu (26/9/23) ....

E-Commerce Akui Penjualan Bahan...

Jakarta, Limbahnews.com - E-commerce B2B resin atau biji plastik pertama di Indonesia, Tokoplas.com...

Jepang Ingin Impor Limbah...

Ilustrasi pengolahan limbah sawit (Mikrobios.id)Medan, Limbahnews.com - Jepang tertarik mengimpor limbah dari kelapa...
BerandaCelebrity7 Selebriti Pecinta...

7 Selebriti Pecinta Lingkungan yang Menginspirasi

Banyak selebriti top di dunia yang menjadi aktivis lingkungan untuk meningkatkan kesadaran kita mengenai perubahan iklim dan kelestarian lingkungan, termasuk Leonardo DiCaprio, Marron 5, dan Brad Pitt

Meskipun kehidupan selebriti identik dengan kemewahan dan pesta, tapi beberapa dari mereka menggunakan ketenarannya untuk meningkatkan kesadaran lingkungan.

Bersama para aktivis lingkungan lainnya di seluruh dunia, para selebriti ini melakukan berbagai hal untuk menjaga kelestarian bumi, dan mengatasi perubahan iklim yang mengancam kualitas hidup kita.

Berikut tujuh selebriti pecinta lingkungan dan apa saja yang mereka lakukan untuk kelestarian planet kita:

Gisele Bundchen
Bundchen adalah model pengusaha, dan aktivis asal Brasil. Dia masuk dalam daftar supermodel bayaran tertinggi di dunia.

Bundchen telah mendedikasikan waktu dan usahanya untuk pendidikan dan konservasi ekologi. Ini membuatnya dinobatkan sebagai Best Green International Celebrity pada tahun 2011, setelah memenangkan kompetisi online. Dia juga menjadi Environment Program Goodwill Ambassador PBB pada tahun 2019.

Antusiasmenya terhadap lingkungan dimulai sejak tahun 2004, setelah dia melihat tantangan yang dihadapi beberapa suku di India karena penggundulan hutan dan pencemaran air. Sejak saat itu, dia menjadi pendukung pelestarian lingkungan, dan melakukan banyak hal untuk menciptakan kesadaran akan masalah lingkungan.

Leonardo DiCaprio
Aktor peraih penghargaan Piala Oscar ini telah menjadi aktivis lingkungan selama bertahun-tahun. Sebagai permulaan, dia ikut menulis, memproduksi, dan menarasikan “The 11th Hour,” sebuah film dokumenter tentang pemanasan global. Dia juga tampil dalam “Before the Flood,” film dokumenter tentang perubahan iklim yang diproduksi tahun 2016, dan ditayangkan di National Geographic.

DiCaprio bahkan mendirikan Leonardo DiCaprio Foundation dan tak henti-hentinya menyuarakan pelestarian lingkungan, seperti pelestarian hutan, penggunaan energi terbarukan, akses ke air bersih untuk semua orang, dll.

Sejauh ini, aktor Titanic ini telah menjadi anggota dari berbagai dewan lingkungan seperti International Fund for Animal Welfare or World Wildlife Fund, Natural Resources Defense Council, dan The Global Green USA.

Ben Affleck
Aktor Amerika ini adalah salah satu pendiri Eastern Congo Initiative (ECI), yang bertujuan untuk membantu berbagai organisasi di Kongo memperoleh hibah untuk meningkatkan produksi pertanian. Dalam jangka panjang, inisiatif ini membantu memperbaiki kehidupan petani kecil di DRC Timur.

Aktor tersebut juga menggunakan inisiatif itu untuk meningkatkan kesadaran publik akan bahaya lingkungan yang kita hadapi.

James Cameron
James Cameron adalah sutradara film terkenal. Dia adalah orang di balik banyak film sukses, seperti Titanic dan The Terminator.

Selain berbakat dalam menyutradarai film, dia juga seorang pecinta lingkungan dan menjalankan beberapa bisnis keberlanjutan. Kecintaannya pada kelestarian lingkungan begitu kuat sehingga dia dan seluruh keluarganya sekarang menjadi vegetarian.

Cameron juga menyuarakan untuk peningkatan produksi makanan nabati. Dia menekankan bahwa makan lebih sedikit daging akan meringankan dampak perubahan iklim.

Maroon 5
Maroon 5 adalah band pemenang Grammy yang juga mencintai lingkungan. Band ini memenangkan Environmental Media Awards 2006 dan telah berkomitmen untuk tur hijau.

Sejak tahun 2008, band ini telah terlibat dalam berbagai kegiatan, program, dan proyek berkelanjutan, seperti penggunaan bus bertenaga biodiesel untuk wisatanya, menyumbangkan sebagian dari penjualan tiketnya ke organisasi pelestarian lingkungan, dan mengajak para penggemarnya untuk selalu melakukan daur ulang.

Brad Pitt
Selain memenangkan berbagai penghargaan sepanjang karir aktingnya, Brad Pitt juga berperan sebagai aktivis pecinta lingkungan.

Untuk mewujudkan tujuannya dalam pelestarian lingkungan, aktor berusia 59 tahun ini mendirikan Make It Right Foundation pada tahun 2006. Yayasan tersebut bertujuan untuk membangun 150 rumah yang terjangkau dan ramah lingkungan di New Orleans. Rumah-rumah itu juga bisa menahan banjir dan angin kencang. Proyek ini membuat Green Building Council di AS memuji Pitt atas semangat dan tekadnya.

Shailene Woodley
Aktris AS ini juga merupakan salah satu aktivis lingkungan berpengaruh. Karena kepeduliannya pada lingkungan Woodley ditunjuk sebagai GreenPeace Ocean Ambassador untuk memerangi polusi plastik pada tahun 2019.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...