Kamis, Juli 25, 2024

Creating liberating content

Setelah Covid-19, Ekonomi Indonesia...

Limbahnews.com - Kita semua sedang dilanda kecemasan atas wabah Coronavirus of Disease 2019...

Tipping Fee Bantargebang Rp...

Bekasi, Limbahnews.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi bakal menerima uang sebesar Rp 379...

Circulate Capital Luncurkan Pendanaan...

Mountrash membangun kemitraan dalam pengelolaan sampah plastik di Indonesia.Jakarta, Limbahnews.com - Circulate Capital...

Terkait Amdal dan Limbah,...

Jakarta, Limbahnews.com - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) berkomitmen ikut berkontribusi mengurangi...
BerandaRagamWaktu yang Baik...

Waktu yang Baik Menyiram Tanaman, Pagi atau Sore?

Waktu terbaik menyiram tanaman adalah pada pagi hari hari karena tanaman punya banyak waktu untuk menyerap air sehingga bisa melewati hari yang panjang dan panas.

Menyiram tanaman adalah salah satu hal penting. Tujuannya agar tanaman terhidrasi dan bisa melakukan fotosintesis, sehingga mereka bisa tumbuh dengan baik.

Tapi, seringkali muncul pertanyaan kapan waktu yang baik menyiram tanaman, apakah lebih baik dilakukan pada pagi atau sore hari, atau bahkan di malam hari?

Yah, waktu menyirami tanaman memang berperan dalam pertumbuhan mereka secara keseluruhan.

Baik itu tanaman indoor maupun outdoor, menyiramnya di pagi hari adalah yang terbaik, tapi bisa juga pada sore hari. Intinya, penyiraman sebaiknya dilakukan pada saat matahari tidak terlalu terik.

Jika penyiraman dilakukan di pagi hari, tanaman akan punya lebih banyak waktu untuk menyerap air sehingga bisa melewati hari yang panjang dan panas. Sementara pada sore hari air akan menguap lebih cepat, tapi perbedaannya tidak terlalu drastis. Jadi kamu masih bisa menyiramnya pada waktu ini.

Lantas bagaimana dengan penyiraman pada malam hari? Sebaiknya jangan melakukannya di waktu ini karena air cenderung tertahan di tanah, di sekitar akar, dan di dedaunan. Hal ini bisa menyebabkan pembusukan, pertumbuhan jamur, dan serangga.

Namun ada pengecualian. Jika tanaman kamu layu, maka kamu bisa meyiramnya pada malam hari tanpa menunggu pagi. Tanaman layu menunjukkan bahwa mereka sedang stres dan membutuhkan pertolongan cepat. Tapi jaga agar daunnya tidak terkena air, dan ingat untuk tidak membiarkan tanaman kamu sampai ke titik layu lagi. Layu berulang dapat melemahkan dan merusak tanaman, dan membuatnya kurang mampu menahan tantangan lain seperti panas dan hama.

Waktu penyiraman lainnya yang harus dihindari adalah siang hari. Jika kamu menyiram tanaman outdoor pada siang hari, jumlah air yang menguap dari tanah mungkin lebih banyak dan hanya menyisakan sedikit untuk tanaman. Itu karena matahari dan tanah yang mulai hangat akan mempercepat proses penguapan. Selain itu, beberapa tanaman sangat sensitif, sehingga daunnya bisa hangus jika terkena sinar matahari saat basah.

Bagaimana dengan tanaman hias yang berada dalam ruangan? Untungnya mereka umumnya tidak terlalu manja. Jadi, kamu bisa menyiramnya bahkan pada siang hari, selama itu tidak terkena sinar matahari langsung.

Tips Menyiram Tanaman

Jamur dan bakteri bisa menyebar lebih cepat dalam kondisi basah. Jadi untuk meminimalkan penyakit tanaman, pastikan agar daunnya tidak terkena air ketika disiram.

Cara terbaik untuk memberi minum pada tanaman kamu adalah dengan menyiramkan air ke tanah di dekat pangkal tanaman. Jangan menuang air ke tanaman dari atas!

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...