Rabu, Juli 24, 2024

Creating liberating content

Mountrash Punya ATM Sampah,...

Jakarta, Limbahnews.com - Kreativitas dan upaya mencari solusi atas sampah terus berkembang. Bank...

Turis Asing Kapok ke...

Ilustrasi potensi wisata di Indonesia.Bintan, Limbahnews.com - Environment Estate Departemen Nirwana Resort...

Sektor Makanan dan Minuman...

Jakarta, Limbahnews.com - Sejumlah tantangan harus dihadapi industri plastik hilir. Sebut saja terimbas...

Waspadai Harga Plastik di...

Kapal khusus memuat limbah plastik dari lautan. (Ist)Jakarta, Limbahnews.com - Ada sedikit cahaya...
BerandaFinanceMinyak Jelantah Jangan...

Minyak Jelantah Jangan Dibuang, Tukar Aja dengan yang Baru

Ketimbang dibuang sembarang, menukar minyak jelantah dengan Mountrash sangat menguntungkan. 18 liter minyak jelantah kamu bisa ditukar dengan 9 liter minyak baru.

Minyak jelantah atau minyak goreng bekas adalah minyak yang telah digunakan untuk menggoreng makanan. Minyak ini dihasilkan dari restoran, kantin, atau rumah tangga yang memasak menggunakan minyak goreng.

Minyak jelantah sering kali disimpan dan digunakan kembali untuk menggoreng makanan lainnya, namun penggunaan berulang ini dapat menyebabkan minyak menjadi kotor, mengandung zat-zat berbahaya dan tidak sehat seperti polifenol, asam lemak bebas, karbon monoksida, dan senyawa kimia lainnya. Oleh karena itu, penggunaan minyak jelantah yang sudah terlalu lama bisa membahayakan kesehatan. Sebaiknya minyak jelantah tidak digunakan kembali dan harus dibuang dengan benar untuk menghindari pencemaran lingkungan.

Bagaimana cara mengolah minyak jelantah dengan benar?

Jika selama ini kamu langsung membuang begitu saja minyak jelantah, segera hentikan kebiasaan tersebut dan ikuti cara terbaik dalam mengolah minyak jelantah berikut ini.

Biarkan minyak dingin terlebih dulu
Jangan membuang minyak jelantah ketika masih panas atau hangat karena hal ini bisa menyebabkan kecelakaan dan membahayakan lingkungan. Biarkan minyak dingin terlebih dahulu.

Saring minyak
Sebelum membuang minyak, saringlah terlebih dahulu menggunakan saringan kain atau penyaring khusus minyak jelantah. Hal ini akan membantu menghilangkan sisa-sisa makanan dan kotoran yang tercampur dalam minyak.

Simpan dalam wadah tertutup
Simpan minyak dalam wadah tertutup yang kedap udara dan tidak mudah pecah, seperti botol kaca atau wadah plastik. Pastikan wadah tidak rusak dan tahan air agar tidak mencemari lingkungan.

Minyak jelantah yang tidak dibuang dengan benar dapat menyebabkan dampak negatif bagi lingkungan. Minyak jelantah bisa mencemari air. Hal ini tentu bisa berdampak pada ekosistem dalam air, mengurangi oksigen yang tersedia bagi organisme di dalamnya, dan menyebabkan kematian ikan dan hewan air lainnya.

Minyak jelantah juga bisa mencemari tanah. Hal ini bisa mengurangi kesuburan tanah dan pertumbuhan tanaman di area yang terkena dampak. Minyak jelantah juga menimbulkan bau tak sedap jika dibuang sembarangan sehingga akan mengganggu manusia dan hewan di sekitar lingkungan.

Lebih fatalnya, minyak sisa ini juga bisa merusak sistem pembuangan. Minyak jelantah yang dibuang ke dalam saluran pembuangan yang terhubung ke sistem pembuangan kota, maka besar kemungkinan bisa merusak sistem tersebut dan menyebabkan penyumbatan yang mengganggu aliran air.

Perlu diingat, sangat penting untuk membuang minyak jelantah dengan benar dan tidak membuangnya sembarangan. Ada beberapa tempat yang menerima minyak jelantah bekas untuk didaur ulang. Salah satunya PT MOUNTRASH AVATAR INDONESIA.

Caranya mudah, kamu cukup menabung minyak jelantah dalam derigen 18 liter, dan nantinya bisa ditukar. Kamu bisa antar langsung ke Bank Sampah Induk Mountrash Depok, atau minta dijemput (dilihat jarak tempuhnya dan dikurangi transport).

Ketimbang dibuang sembarang, menukar minyak jelantah dengan Mountrash sangat menguntungkan. 18 liter minyak jelantah kamu bisa ditukar dengan 9 liter minyak baru. Jika tak ingin menukarnya dengan minyak baru, kamu juga bisa menukarnya dengan uang, 1 liter minyak jelantah bisa kamu tukar dengan Rp 6.000. Lumanyan banget kan? Ketimbang mencemari lingkungan, kamu bisa mendapatkan uang dengan menyelamatkan kelestarian lingkungan, karena Bersih sudah pasti Untung dengan Mountrash.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...