Minggu, Juli 21, 2024

Creating liberating content

Tipping Fee Bantargebang Rp...

Bekasi, Limbahnews.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi bakal menerima uang sebesar Rp 379...

Vietnam Mulai Lirik Kredit...

Jakarta, Limbahnews.com - Konsep kredit plastik dalam mengurangi limbah dari plastik terus digulirkan...

Circulate Capital Luncurkan Pendanaan...

Mountrash membangun kemitraan dalam pengelolaan sampah plastik di Indonesia.Jakarta, Limbahnews.com - Circulate Capital...

BUMN Pertanian Garap Limbah...

Jakarta, Limbahnews.com - PT Pertani (Persero) menggandeng Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pasca...
BerandaRagam10 Contoh Gaya...

10 Contoh Gaya Hidup Berkelanjutan

Gaya hidup berkelanjutan berarti peduli dengan masa depan Bumi. Ini bisa dicapai dengan melakukan hal sederhana seperti membeli makanan musiman, makan lebih sedikit daging, dan hemat energi dan air.

Gaya hidup berkelanjutan telah menjadi pilihan populer dalam dekade terakhir, karena semakin banyak orang yang peduli terhadap lingkungan. Ini adalah pilihan baik, yang akan berdampak positif bagi Bumi besok.

Selain baik untuk planet, gaya hidup berkelanjutan juga akan memberikan dampak positif bagi kesehatan, dan bisa jadi lebih hemat.

Ada banyak cara untuk hidup lebih berkelanjutan, contohnya membeli makanan musiman, makan lebih sedikit daging, dan membeli barang-barang yang dibuat menggunakan bahan daur ulang.

Jika kamu ingin menjalani gaya hidup berkelanjutan, kamu bisa memulai dari hal-hal sederhana berikut ini:

Stop gunakan plastik

Plastik tidak pernah hilang dan kebanyakan dari mereka berakhir di lautan. Akibatnya, setiap tahun ribuan burung laut, penyu, anjing laut, dan mamalia laut lainnya terbunuh setelah menelan plastik atau terjerat di dalamnya.

Kamu bisa mulai mengurangi sampah plastik dengan beberapa langkah sederhana, seperti menggunakan tas belanja yang bisa digunakan kembali, dan menghindari penggunaan botol air dan sedotan sekali pakai

Hemat air

Saat ini Bumi menghadapi kekeringan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Jadi, sebisa mungkin hematlah penggunaan air!

Kurangi berkendara

Mengubah kebiasaan mengemudi bisa mengurangi jejak karbon secara dramatis. Jika kamu hanya ingin pergi ke tempat yang dekat, pergilah dengan berjalan kaki atau bersepeda.

Kurangi makan daging

Produksi daging adalah salah satu industri yang paling merusak lingkungan di planet ini, bertanggung jawab atas penggunaan air dalam jumlah besar, polusi, emisi gas rumah kaca, dan perusakan habitat.

Jangan buang-buang makanan

Cegah pemborosan makanan dengan cara belanja bahan makanan yang benar-benar kamu butuhkan. Kalau bisa buat food preparation terlebih dahulu dengan menyesuaikan porsi yang cukup!

Berpikir dua kali sebelum belanja

Setiap produk yang kita beli memiliki jejak lingkungan, mulai dari bahan yang digunakan untuk membuatnya hingga polusi yang dihasilkan selama pembuatan dan pengemasan. Jadi sebelum membeli sesuatu, tanyakan pada diri apakah kamu benar-benar membutuhkannya.

Buat tempat sampah kompos

Membuat kompos dari sisa buah dan sayuran bisa membantu tanah mempertahankan kelembaban, mengurangi limpasan air, dan tidak menambah sampah.

Beli barang ramah lingkungan

Tahukah kamu bahwa banyak barang kebutuhan sehari-hari yang tidak bagus untuk lingkungan misalnya produk pembersih, tisu, botol sampo, dan sikat gigi. Untungnya, saat ini sudah banyak alternatif yang lebih ramah lingkungan.

Kurangi penggunaan energi

Penggunaan energi yang berlebihan tidak hanya mahal, tapi juga tidak ramah lingkungan. Oleh karena kurangi penggunaan energi dengan menggunakan produk hemat listrik.

Kurangi naik pesawat

Meskipun efisiensi energi pesawat terbang semakin baik, jumlah lalu lintas udara global meningkat setiap tahunnya. Jadi, jika memungkinkan, ganti penerbangan jarak pendek dengan perjalanan darat seperti kereta api atau bus.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...