Minggu, Juli 21, 2024

Creating liberating content

DKI Jakarta Larang Kantong...

Ilustrasi sampah plastik di TPS Sunter Koja, Jakarta. (Ist)Jakarta, Limbahnews – Bebeharapa hari...

Raksasa Rebutan Bahan Baku...

Jakarta, Limbahnews.com – Upaya mengolah sampah plastik terus berkembang. Produsen air minum dalam...

Imbas Corona, Industri Daur...

Ilustrasi sampah plastik impor (Artalab.id)Jakarta, Limbahnews.com - Pengusaha Jawa Timur (Jatim) mulai...

E-Commerce Akui Penjualan Bahan...

Jakarta, Limbahnews.com - E-commerce B2B resin atau biji plastik pertama di Indonesia, Tokoplas.com...
BerandaLimbah6 Alasan Mengapa...

6 Alasan Mengapa Sustainability itu Penting

Sustainability merujuk pada kemampuan kita untuk hidup tanpa menghabiskan semua sumber daya alam dan melindunginya demi kebaikan bumi, lingkungan, manusia, dan semua makhluk hidup.

Sustainability atau keberlanjutan adalah kemampuan untuk memenuhi kebutuhan hidup kita, tanpa menghabiskan semua sumber daya alam yang dibutuhkan oleh generasi kita di masa depan.

Konsepnya adalah kita mengakui jika sumber daya alam bisa habis. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan lingkungan dan sumber dayanya secara rasional dan melindunginya demi kebaikan bumi, lingkungan kita, manusia, dan semua makhluk hidup.

Dalam hal keberlanjutan, setiap hal kecil berarti. Mulai dari menghemat air dan listrik, mengurangi mengemudi, hingga melakukan daur ulang.

Berikut enam alasan kenapa sustainability itu penting:

  1. Melestarikan lingkungan

Dengan gaya hidup berkelanjutan, kita dapat membantu mengurangi polusi dan melestarikan sumber daya seperti air dan energi, yang akan berdampak positif bagi lingkungan.

  1. Menjamin Masa Depan

Memeraktikkan sustainability memastikan bahwa kita menjamin masa depan yang aman dan layak huni bagi semua orang. Jika kita menghabiskan sumber daya Bumi, maka generasi mendatang akan kehabisan. Misalnya, jika kita menangkap ikan di laut secara berlebihan, kita berisiko tidak hanya menghabiskan persediaan ikan, tetapi juga menghabiskan persediaan setiap organisme dalam rantai makanan yang terkait dengan ikan tersebut.

  1. Menciptakan Lapangan Kerja

Saat ini semakin banyak orang menginginkan produk yang berkelanjutan, sehingga pasar teknologi hijau akan terus tumbuh. Hal ini akan menciptakan lebih banyak lapangan kerja.

  1. Meningkatkan Kesehatan

Tindakan berkelanjutan membantu membuat perbedaan nyata dalam masyarakat. Misalnya, kita tahu bahwa polusi bisa menyebabkan masalah kesehatan termasuk asma, penyakit jantung, dan kanker. Nah, dengan mengurangi polusi maka secara tidak langsung itu akan berdampak pada kesehatan kita dan orang lain.

  1. Melindungi Keanekaragaman Hayati

Saat ini dunia berada di tengah krisis kepunahan, di mana spesies menghilang dengan kecepatan 1.000 kali lebih cepat dari biasanya.
Akar penyebab kepunahan massal ini adalah aktivitas manusia yang merusak dan menghancurkan habitat mereka. Jika kita ingin melestarikan keanekaragaman hayati, maka kita perlu segera menerapkan praktik yang lebih berkelanjutan.

  1. Hemat Energi

Praktek hidup berkelanjutan juga mengarah pada pengurangan biaya energi. Ini bisa dicapai dengan beralih ke penerangan hemat energi, atau menggunakan energi matahari dan angin.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...