Minggu, Juli 21, 2024

Creating liberating content

Botol PET Wajib Pakai...

Jakarta, Limbahnews.com - Asosiasi Industri Air Minum Dalam Kemasan (Aspadin) menyatakan kewajiban menggunakan...

Jepang Ingin Impor Limbah...

Ilustrasi pengolahan limbah sawit (Mikrobios.id)Medan, Limbahnews.com - Jepang tertarik mengimpor limbah dari kelapa...

Bank Dunia Soal Daur...

Jakarta. Limbahnews.com - Negara-negara Asia Tenggara merugi sebanyak US$ 6 miliar atau Rp...

Omset Emiten Daur Ulang...

Jakarta, Limbahnews.com - PT Inocycle Technology Group Tbk (INOV), produsen staple buatan/Recycled Polyester...
BerandaLimbahMengapa Sampah Plastik...

Mengapa Sampah Plastik Sulit Terurai?

Sampah plastik adalah jenis sampah yang terbuat dari bahan plastik dan sulit terurai di alam. Sampah plastik bisa berasal dari berbagai sumber seperti kemasan makanan dan minuman, botol plastik, kantong plastik, dan lain sebagainya. Sampah plastik sangat merugikan lingkungan dan ekosistem karena dapat mencemari tanah, air, dan udara. Sampah plastik juga dapat membahayakan kesehatan manusia dan hewan jika tidak dikelola dengan benar.

Sampah plastik. Pexel.

Adapun alasan mengapa sampah plastik sulit terurai karena bahan dasarnya terbuat dari polimer atau senyawa organik kompleks yang memang tak mudah diurai oleh bakteri dan mikroorganisme di alam. Beberapa jenis plastik bahkan membutuhkan waktu ratusan hingga ribuan tahun untuk terurai secara alami.

Selain itu, banyak jenis plastik yang juga tidak dapat didaur ulang karena sulit dipisahkan dari bahan lain atau tidak memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi untuk didaur ulang. Alhasil ada banyak sampah plastik yang akhirnya berakhir di tempat pembuangan akhir atau bahkan mencemari lingkungan.

Untuk mengurangi jumlah sampah plastik, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, antara lain:

  1. Mengurangi penggunaan plastik sekali pakai seperti kantong plastik, sedotan, dan wadah makanan.
  2. Mendaur ulang plastik yang masih bisa didaur ulang.
  3. Memilih produk yang menggunakan bahan kemasan yang ramah lingkungan seperti kemasan kertas atau kemasan yang bisa didaur ulang.
  4. Membuang sampah plastik pada tempatnya dan tidak membuangnya sembarangan.
  5. Mengikuti program pengelolaan sampah yang baik dan mendukung kebijakan pengurangan penggunaan plastik sekali pakai.

Sampah plastik sebenarnya merupakan bahan baku yang bisa dimanfaatkan. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan sampah plastik.

Mendaur ulang sampah plastik
Sampah plastik yang masih bisa didaur ulang seperti botol plastik, gelas plastik, atau wadah makanan plastik dapat dikumpulkan dan didaur ulang menjadi produk baru seperti karpet, kursi, atau bahkan bahan baku untuk pembuatan jalan.

Menggunakan sampah plastik sebagai bahan bangunan
Sampah plastik dapat dipadatkan dan dijadikan bahan bangunan seperti bata atau panel dinding. Metode ini tidak hanya dapat memanfaatkan sampah plastik yang sulit didaur ulang, tetapi juga lebih murah dan ramah lingkungan dibandingkan dengan penggunaan bahan bangunan konvensional.

Membuat kerajinan tangan
Sampah plastik dapat diubah menjadi bahan dasar untuk membuat kerajinan tangan seperti tas, dompet, atau tempat penyimpanan lainnya.

Menggunakan sampah plastik sebagai bahan baku untuk industri lain
Sampah plastik juga dapat diolah menjadi bahan baku untuk industri lain seperti pembuatan serat tekstil atau bahan pelapis untuk produk otomotif.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...