Minggu, Juli 21, 2024

Creating liberating content

Waspadai Harga Plastik di...

Kapal khusus memuat limbah plastik dari lautan. (Ist)Jakarta, Limbahnews.com - Ada sedikit cahaya...

Garap Investasi, NTB Bakal...

Mataram, Limbahnews.com - Organisasi nirlaba Classroom of Hope bertemu Wakil Gubernur NTB Sitti...

Jepang Ingin Impor Limbah...

Ilustrasi pengolahan limbah sawit (Mikrobios.id)Medan, Limbahnews.com - Jepang tertarik mengimpor limbah dari kelapa...

Limbah Sawit PTPN II...

Jakarta, Limbahnews.com - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) II, anak perusahaan PT Perkebunan Nusantara...
BerandaCelebrityArtis Korea Pecinta...

Artis Korea Pecinta Lingkungan, Song Joong Ki Hingga YoonA

Bumi makin tua, perubahan iklim dan bencana alam juga makin sering terjadi. Ditambah lagi dengan perilaku buruk manusia yang hanya memperburuk kondisi bumi.

Beberapa kebiasaan manusia yang sangat merugikan bahkan mengancam kondisi bumi di antaranya:

Penggunaan bahan bakar fosil secara berlebihan

Manusia sering menggunakan bahan bakar fosil seperti minyak bumi, gas alam, dan batu bara untuk memenuhi kebutuhan energi mereka. Penggunaan bahan bakar fosil secara berlebihan dapat menyebabkan polusi udara, perubahan iklim, dan kerusakan lingkungan.

Penggunaan plastik sekali pakai

Plastik sekali pakai seperti sedotan, kantong plastik, dan botol air mineral sering digunakan secara berlebihan. Plastik tersebut dapat mencemari lingkungan dan membahayakan kesehatan hewan dan manusia.

Penebangan hutan secara besar-besaran

Penebangan hutan secara besar-besaran untuk kepentingan industri dan pertanian dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan dan hilangnya habitat satwa liar.

Pencemaran air dan tanah

Limbah industri dan pertanian yang tidak diolah dengan baik dapat mencemari air dan tanah. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan ekosistem dan membahayakan kesehatan manusia.

Pembuangan sampah yang tidak sesuai

Manusia sering membuang sampah sembarangan, baik di darat maupun di laut. Sampah tersebut dapat mencemari lingkungan dan membahayakan kesehatan hewan dan manusia.

Perilaku-perilaku tersebut sangat merugikan lingkungan hidup dan kesehatan hewan bahkan manusia itu sendiri. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengambil tindakan guna mengurangi dampak buruk tersebut dan beralih ke perilaku yang lebih ramah lingkungan.

Beberapa artis dan bintang K-Pop sudah mengambil peran serta memberikan perhatian lebih kepada lingkungan. Berikut uraiannya.

Song Joong Ki

Aktor terkenal ini juga terlibat dalam kampanye peduli lingkungan. Ia pernah menjadi duta kebersihan dan lingkungan untuk Seoul Metropolitan Government pada tahun 2016.

Lee Min Ho

Aktor ini memiliki yayasan yang fokus pada pelestarian lingkungan hidup dan konservasi alam. Ia juga pernah menjadi duta kebersihan dan lingkungan untuk Seoul Metropolitan Government pada tahun 2018.

G-Dragon

Selain menjadi seorang musisi terkenal, G-Dragon juga dikenal sebagai orang yang peduli lingkungan. Ia pernah menjadi duta kebersihan dan lingkungan untuk Seoul Metropolitan Government pada tahun 2013.

IU

Selain dikenal sebagai penyanyi dan aktris, IU juga dikenal sebagai sosok yang peduli lingkungan. Ia pernah berpartisipasi dalam kampanye “Save the Yellow Sea” yang bertujuan untuk menyelamatkan laut Kuning di Asia Timur.

YoonA

Anggota girlband Girls’ Generation ini juga memiliki perhatian yang besar terhadap lingkungan. Ia pernah menjadi duta kebersihan dan lingkungan untuk Seoul Metropolitan Government pada tahun 2013.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...