Sabtu, Juli 13, 2024

Creating liberating content

Botol PET Wajib Pakai...

Jakarta, Limbahnews.com - Asosiasi Industri Air Minum Dalam Kemasan (Aspadin) menyatakan kewajiban menggunakan...

Pelaku Industri Kimia dan...

Jakarta, Limbahnews.com - Pelaku industri plastik yang tergabung dalam Asosiasi Industri Olefin, Aromatik...

Investor Surabaya Segera Bangun...

Ambon, Limbahnews.com - Pabrik plastik akan segera dibangun di Toisapu, Kecamatan Leitimur Selatan,...

Bahlil Ingin Kemudahan Izin...

Aktivitas industri jangan mengabaikan lingkungan hidup.Jakarta, Limbahnews.com - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal...
BerandaKomunitasMountrash dengan PNM...

Mountrash dengan PNM Kolaborasi dalam Pelatihan dan Sosialisasi Pengelolaan Sampah

Mountrash bersama PNM berkolaborasi dalam Pelatihan dan Sosialisasi Pengelolaan Sampah pada Dropbox Berbasis Digital di Menara PNM (PT. Permodalan Nasional Madani). Kegiatan tersebut dihelat pada Rabu 15 Maret 2023.

Mountrash Avatar Indonesia adalah startup di bidang penanganan sampah berbasis digital. Bertujuan membangun budaya bersih dan disiplin terhadap sampah melalui layanan digital yang mampu mengajak masyarakat luas untuk mulai pilah dan nabung ‘sampah’ sejak dari rumah atau dari sumbernya.

Aplikasi Mountrash sudah bisa diunduh sejak Oktober 2019 dan terus melakukan pembaruan dan peningkatan performa untuk memudahkan pengguna aplikasinya. Menariknya melalui Mountrash semua jenis sampah seperti plastik, kardus, kertas, besi, dan kaca yang mampu didaur ulang dapat dikonversikan menjadi uang atau kuota internet, sehingga pengguna Mountrash bisa memperlancar aktivitas belajar, bekerja dan pelatihan secara daring.

Penggunaan aplikasi cukup mudah karena pengguna ponsel hanya perlu menggunakan internet dan mengunduh aplikasi Mountrash di Playstore atau di Google Play kemudian memasukkan nomor telepon seluler, pilih fitur jual dengan memasukkan item barang yang dijual, misalnya sampah plastik dan kardus. Selanjutnya, pilih sent data tersebut sampai muncul barcode dan screenshot barcode untuk dikirim ke nomor kontak Mountrash. Selanjutnya, Mountrash akan melakukan penjemputan sampah tersebut.

Mountrash bersama PNM Kolaborasi dalam Pelatihan dan Sosialisasi Pengelolaan Sampah pada Dropbox Berbasis Digital di Menara PNM (PT. Permodalan Nasional Madani), Rabu, 15 Maret 2023.

Cara Unduh Aplikasi Mountrash

  1. Aplikasi Mountrash bisa diunduh di Google Play dan App Store.
  2. Pilih daftar
  3. Setelah daftar, sila input data dan registerasi
  4. Setelah itu, kamu akan menerima kode OTP untuk verifikasi akun.
  5. Registerasi berhasil.

Cara Tingkatkan Akun Jadi Mitra

  1. Masuk aplikasi.
  2. Klik ‘Akun’ pada kanan bawah.
  3. Pilih tingkatkan akun.
  4. Pilih sesuai keinginan dan sesuai persyaratan.
  5. Lengkapi form, tunggu verifikasi dan selesai.

Cara Menabung di Bank Sampah

  1. Pilih Jual atau Beli.
  2. Klik ‘Jenis Sampah’.
  3. Pilih ‘Jenis Sampah’.
  4. Pilih item sesuai ukuran atau jumlahnya.
  5. Jika sudah benar, pilih Continue.
  6. QR akan muncul & Pembeli scan QR dari penjual tsb.
  7. Transaksi berhasil.

Sementara untuk mekanisme Bank Sampah Digital Mountrash memiliki mekanisme yang sama seperti Bank Sampah Konvensional, tetapi pencatatannya melalui digital, dan insentif langsung diterima oleh nasabah secara langsung ke applikasi. Nasabah bisa menabung dimana saja mereka berada, selama Bank Sampah Digital ada disekitarnya.

  1. Pemilahan sampah dari rumah.
  2. Setor ke bank sampah.
  3. Penimbangan.
  4. Pencatatan.
  5. Disalurkan ke pengelolah sampah atau ke industri daur ulang.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...