Kamis, Juli 11, 2024

Creating liberating content

Raksasa Rebutan Bahan Baku...

Jakarta, Limbahnews.com – Upaya mengolah sampah plastik terus berkembang. Produsen air minum dalam...

Anthony Pratt, Miliarder Daur...

Jakarta, Limbahnews.com - Bukan rahasia lagi bagi turunan Yahudi menguasai ekonomi dunia. Rupanya...

Naksir Pengolahan Limbah Tambang,...

Ilustrasi pemulihan lahan bekas tambang (Mikrobios.id)Jakarta, Limbahnews.com - PT PP Presisi Tbk (PPRE)...

Terkait Amdal dan Limbah,...

Jakarta, Limbahnews.com - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) berkomitmen ikut berkontribusi mengurangi...
BerandaRagamPentingnya Menjaga Habitat...

Pentingnya Menjaga Habitat Burung Bagi Kesehatan Mental

Menjaga habitat burung tidak hanya penting untuk keberlangsungan ekosistem, tapi juga bisa meningkatkan kesehatan mental, memperbaiki suasana hati dan terbebas dari depresi.

Menjaga habitat burung tidak hanya penting untuk keberlangsungan ekosistem, tapi juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan mental.

Peneliti di King’s College London telah menemukan bahwa mendengarkan kicau burung dapat membantu meningkatkan kesejahteraan mental seseorang hingga delapan jam. Bahkan, orang-orang yang hanya berada di hadapan burung juga mengaku merasakan suasana hati yang lebih baik, dan terbebas dari depresi.

Para peneliti mengatakan bahwa temuan mereka menyoroti pentingnya melindungi lingkungan dan meningkatkan keanekaragaman hayati di daerah perkotaan, pinggiran kota, dan pedesaan untuk melestarikan habitat burung.

Dalam penelitiannya, peneliti menggunakan aplikasi smartphone bernama Urban Mind untuk melacak pertemuan 1.292 peserta dengan burung.

Selama dua minggu, para peserta, dari Inggris, Eropa, AS, China, dan Australia, diminta untuk mencatat bagaimana perasaan mereka, apakah mereka bahagia atau stres, apakah mereka melihat pohon, dan apakah mereka melihat atau mendengar burung.

Para peneliti menemukan bahwa mendengar atau melihat burung dikaitkan dengan peningkatan kesejahteraan mental pada orang dengan kondisi kesehatan mental, seperti depresi.

“Ada semakin banyak bukti tentang manfaat kesehatan mental berada di sekitar alam, dan kami secara intuitif berpikir bahwa kehadiran kicau burung dan burung akan membantu mengangkat suasana hati kami,” kata penulis utama penelitian Ryan Hammoud, asisten peneliti di King’s College London.

“Kami berharap bukti ini dapat menunjukkan pentingnya melindungi dan menyediakan lingkungan untuk mendukung burung, tidak hanya untuk keanekaragaman hayati, tetapi juga untuk kesehatan mental kita.”

Andrea Mechelli, profesor kesehatan mental di King’s College London menambahkan, “Kita perlu menciptakan dan mendukung lingkungan, khususnya lingkungan perkotaan, di mana kehidupan burung merupakan fitur yang konstan. Untuk memiliki populasi burung yang sehat, Anda juga membutuhkan tanaman, Anda juga membutuhkan pohon. Kita perlu memelihara seluruh ekosistem di dalam kota kita.”

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...