Minggu, Juli 21, 2024

Creating liberating content

Raksasa Rebutan Bahan Baku...

Jakarta, Limbahnews.com – Upaya mengolah sampah plastik terus berkembang. Produsen air minum dalam...

Ramadan Dongkrak Penjualan AMDK,...

Jakarta, Limbahnews.com - Industri Air Minum dalam Kemasan (AMDK) di Indonesia mulai bergerak...

Bank Dunia Soal Daur...

Jakarta. Limbahnews.com - Negara-negara Asia Tenggara merugi sebanyak US$ 6 miliar atau Rp...

Naksir Pengolahan Limbah Tambang,...

Ilustrasi pemulihan lahan bekas tambang (Mikrobios.id)Jakarta, Limbahnews.com - PT PP Presisi Tbk (PPRE)...
BerandaFoodTips Mengolah Sisa...

Tips Mengolah Sisa Potongan Sayuran Jadi Kaldu Sayur yang Lezat

Salah satu cara mengurangi sampah dapur adalah mengolah sisa potongan sayuran menjadi kaldu sayur yang lezat. Ini bisa ditambahkan ke dalam sup, semur, dan nasi.

Jika kamu suka memasak dan ingin mengurangi sampah dapur, sebaiknya mencoba membuat kaldu sayur dengan memanfaatkan sisa potongan sayuran!

Selain lebih ramah lingkungan, pengolahannya juga sangat mudah dan sederhana. Kamu hanya perlu mengumpulkan sisa potongan sayuran, membersihkannya dan menyimpannya ke dalam freezer. Itu akan dimasak sekaligus setelah terkumpul banyak.

Sebelum memulai, kamu mungkin bertanya-tanya, jenis sayuran apa yang harus digunakan?

Kamu bisa memilih sayuran apa pun yang kamu sukai dan yang memiliki aroma dan rasa khas, seperti bawang putih, bawang merah, wortel, jamur, batang jamur, seledri, daun salam, tomat, kentang atau kulit kentang, paprika, kol, jagung, kangkung, labu, kacang polong, kacang panjang, daun bawang, dan terong.

Pada dasarnya, kamu bisa memasukkan apapun yang bisa dimakan. Bahkan jika Anda ingin kaldu pedas, kamu bisa memasukkan cabai.

Namun, beberapa orang menyarankan untuk tidak memasukkan brokoli, kembang kol dan sawi, karena bisa membuat kaldu terasa lebih pahit.

Tips Membuat Kaldu Sayur

Meskipun tujuan utama dari resep ini adalah untuk menggunakan sisa-sisa sayuran yang disimpan, tidak ada salahnya untuk menambahkan beberapa bahan segar.

Dan untuk mendapatkan kaldu yang lezat, sebaiknya ikuti tips berikut:

  1. Gunakan banyak bawang putih dan bawang merah. Tambahkan garam dan merica (sesuai selera).
  2. Gunakan jamur. Bahkan jika Anda tidak menyukainya, karena ini bisa membuat kaldu sayuran jadi lebih lezat.
  3. Tambahkan 1-2 daun salam segar atau kering.
  4. Tambahkan saus tomat atau tomat segar.
  5. Gunakan sedikit minyak zaitun, mentega, atau minyak kelapa.
  6. Jika ingin lebih lezat lagi, tambahkan sedikit miso setelah kaldu mendidih.
  7. Resepnya adalah 1 sendok makan untuk 2 liter air.

Cara Membuat Kaldu Sayur

Setelah potongan sayur yang Anda kumpulkan sudah cukup, saatnya mengeluarkan mereka dari freezer. Ikuti panduan berikut untuk membuat kaldu sayur!

Step 1: Mulailah dengan menumis (opsional)
Ambil wajan dan tumis bahan-bahan segar yang mungkin kamu tambahkan, misalnya bawang bombay bawang putih, atau rempah-rempah lain. Gunakan minyak zaitun dan tambahkan sedikit garam serta merica. Tumis dengan api sedang selama 5 hingga 10 menit.

Jika kamu tidak menambahkan bahan-bahan segar, step ini dilangkahi saja karena sisa pototongan sayuran beku tidak perlu ditumis.

Step 2: Rebus
Masukkan semua sisa potongan sayur ke dalam panci, dan tambahkan air secukupnya hingga semua sayuran tenggelam. Jangan gunakan terlalu banyak air karena kaldu akan encer dengan rasanya tidak begitu lezat.

Jika kamu belum menambahkan garam, lakukan sekarang! Takarannya adalah 1 sdt garam untuk 2 liter air.

Rebus bahan hingga mendidih, lalu kecilkan api. Buka sedikit tutup panci dan biarkan mendidih selama minimal 30 menit. Kamu bisa memasaknya sampai 1 jam tapi jangan lebih karena bisa membuat kaldu terasa pahit.

Step 3: Saring
Setelah cukup 30 menit, matikan kompor dan cicipi rasa kaldu. Jika rasanya sudah pas, saring kaldu sayuran dan masukkan ke dalam wadah bersih.

Untuk ampasnya, kamu bisa memberikannya kepada ayam, atau dijadikan pupuk kompos.

Selanjutnya, simpan kaldu buatan kamu di lemari es dan gunakan ketika memasak. Ini bisa awet hingga satu minggu. Jika ingin lebih awet, simpan di dalam freezer.

Kaldu sayur dapat ditambahkan ke dalam sup, semur, bubur, nasi, dan banyak masakan lainnya.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...