Rabu, Juli 24, 2024

Creating liberating content

Sektor Makanan dan Minuman...

Jakarta, Limbahnews.com - Sejumlah tantangan harus dihadapi industri plastik hilir. Sebut saja terimbas...

DKI Jakarta Larang Kantong...

Ilustrasi sampah plastik di TPS Sunter Koja, Jakarta. (Ist)Jakarta, Limbahnews – Bebeharapa hari...

Raksasa Rebutan Bahan Baku...

Jakarta, Limbahnews.com – Upaya mengolah sampah plastik terus berkembang. Produsen air minum dalam...

INOV Yakin Industri Daur...

Jakarta, Limbahnews.com - Emiten yang bergerak di bidang daur ulang sampah botol plastik...
BerandaBisnisPD PAL Minta...

PD PAL Minta Dana Kelola Limbah B3 Rp 350 Miliar, DPRD DKI Butuh Kejelasan

Jakarta, Limbahnews.com – Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi mengkritisi permintaan anggaran sebesar Rp 350 miliar dari PD Pengelolaan Air Limbah (PAL) Jaya. Dana itu untuk pengelolaan air limbah bahan berbahaya dan beracun (B3).

Suhaimi menilai permintaan anggaran tersebut belum jelas (clear) dan kurang terkoordinasi dengan baik. Mulai dari aspek studi kelayakan maupun penjelasan secara rinci mengenai rencana bisnis (business plan) dari badan usaha milik daerah (BUMD) tersebut. “Kalau cara-cara pengajuannya tidak clear, berpotensi menjadi permasalahan ke depanya,” ujar Suhaimi, Sabtu (11/12/2021).

Menurut dia, seharusnya permintaan tersebut disampaikan melalui proses dan presentasi yang baik dan berbobot. Suhaimi juga menyebutkan, perlu diperkuat sinergi dan koordinasi dengan SKPD terkait lainnya, misalnya Dinas Kesehatan. Selain itu, bagaimana pola investasinya, kerja samanya dengan pihak swasta dan lain sebagainya.

“Selain itu, apakah ini menguntungkan atau bagaimana, ini perlu penjelasan detail, jangan sampai ada yang abu-abu, harus terang benderang dalam penggunaan uang rakyat,” ujarnya seperti dilansir Sindonews.

Sebelumnya, Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD DKI Jakarta meminta perubahan status Perusahaan Daerah Pengelolaan Air Limbah (PD PAL Jaya) menjadi Perusahaan Umum Daerah harus berdampak terhadap keseriusan pengelolaan limbah terutama B3 di Jakarta.

Lebih lanjut, Bapemperda menekankan usulan perubahan PAL Jaya menjadi Perumda berdasarkan kajian dan penyempurnaan sejumlah pasal pada Perda Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perubahan Kedua atas Perda Nomor 10 Tahun 1991 tentang Perusahaan Daerah Air Limbah Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

“Kami ingin limbah apapun harus mendapat penanganan dari pemerintah, kita punya badan yang khusus mengelola (limbah B3) yaitu PD PAL Jaya. Tidak boleh ada limbah yang tidak jelas siapa, tupoksi siapa, limbah B3, limbah apapun itu harus ada yang bertanggung jawab,” kata Ketua Bapemperda DPRD DKI Jakarta Pantas Nainggolan belum lama ini. [LN-04] redaksi@limbahnews.com

Limbahnews.com adalah media informasi, solusi, teknologi, dan bisnis/industri seputar limbah/sampah, serta inovasi ekonomi sirkular. Platform ini juga melayani berbagai jasa, AMDAL, konsultasi, promosi, penguatan brand/citra, serta berbagai kerja sama atau kegiatan pelestarian lingkungan lainnya. Info rinci melalui 081356564448.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...