Kamis, Juli 11, 2024

Creating liberating content

Jepang Ingin Impor Limbah...

Ilustrasi pengolahan limbah sawit (Mikrobios.id)Medan, Limbahnews.com - Jepang tertarik mengimpor limbah dari kelapa...

Danone AQUA-Veolia Bangun Pabrik...

Dokumentasi pencanangan pabrik (Ist)Pasuruan, Limbahnews.com - Pabrik daur ulang botol PET (Polyethylene Terephthalate)...

Pemerintah Beri Insentif PPN,...

Jakarta, Limbahnews.com - Pemerintah saat ini terus memperbaiki ekosistem industri daur ulang sampah...

Peluang Bisnis Pengelolaan Limbah...

Jakarta, Limbahnews.com - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) melihat adanya potensi untuk terlibat...
BerandaKebijakanPemkab Tangerang Dukung...

Pemkab Tangerang Dukung Maggot, Golden Waste Berharap Limbah Organik Bisa Diatasi

Memilah maggot dan kasgot di TPS Citra Raya, Tangerang.

Tangerang, Limbahnews.com – Wakil Bupati H Mad Romli mengatakan pengembangan budidaya maggot BSF (black soldier fly/lalat tentara hitam/LTH) sudah terbukti berhasil. Selain dapat mengurangi sampah organik, juga memiliki nilai ekonomi. “Magot menghasilkan produk bernilai ekonomi tinggi berupa pakan ternak yang berprotein tinggi serta menghasilkan residu (kotoran) sebagai pupuk alami bagi tumbuh-tumbuhan,” kata Wabup seperti ditulis dalam laman Tangerangkab.go.id. Hal itu disampaikannya pada acara Sarasehan Maggot Kabupaten Tangerang Tahun 2021 di Hotel Lemo, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (09/12/21).

Baca : Setelah Rogoh Rp 513,76 Miliar, Coca Cola Tambah Investasi Daur Ulang Kemasan

Dia mengatakan, inovasi-inovasi sebagai alternatif penanganan dan penanggulangan sampah perlu terus digali dan dikembangkan. Apalagi dengan laju pertumbuhan penduduk maka ketersediaan lahan pun semakin berkurang.
“Sistem biokonversi sampah makanan (food waste) melalui maggot dirasa menjadi salah satu upaya solusi yang efektif,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Taufik Emil mengatakan kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara Rencana Aksi Daerah (RAD) tentang Pemanfaatan Sampah Makanan (Food Waste) Yang Bernilai Ekonomis Melalui Lalat Larva/Magot. Selain itu juga dalam rangka mendukung program unggulan KIPRAH (Kita Peduli Permasalahan Sampah).

Baca : Dapat Ijin KLHK, Insinerator Terbesar Indonesia Olah Limbah B3 50 Ton per Hari

“Tujuan rencana aksi daerah ini, berupaya secara bersama-sama masyarakat dan komoditas dalam mewujudkan Kabupaten Tangerang yang berwawasan lingkungan dan memiliki sektor ekonomi baru di tengah pademi,” katanya.
Dalam rangka mengurangi sampah organik tersebut, tempat pembuangan sampah (TPS) Citra Raya di Desa Ciakar, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, Banten, juga sudah mengoptimalkan maggot BSF.

Frans Yohanes selaku Manager Estate Management Citra Raya Tangerang menjelaskan upaya menguraikan sampah organik tersebut merupakan salah satu cara mengurangi beban sampah di TPS Citra Raya. TPS Citra Raya menampung sampah rumah tangga dan berbagai kegiatan bisnis di perumahan Citra Raya. “Sampah organik bisa diolah untuk berbagai keperluan yang bisa dimanfaatkan lagi oleh warga maupun kegiatan lagi di Citra Raya. Ini juga akan mengurangi beban volume di TPS Citra Raya dan volume pembuangan ke TPA,” jelas Frans yang bertanggung jawab atas TPS Citra Raya tersebut.

Saat ini, Citra Raya Tangerang bermitra dengan Golden Waste dan Limbahnews.com untuk mengoptimalkan dan mendaur ulang berbagai limbah organik. Golden Waste yang berbasis di Tapos, Depok, Jawa Barat memiliki sejumlah pengalaman dalam daur ulang sampah organik, termasuk dengan maggot BSF. Para penggerak Golden Waste, seperti David Laiherman dan Suhanda Winata, selalu menegaskan bahwa target utama bukan budidaya atau menghasilkan maggot BSF tetapi bagaimana sampah organik bisa diolah dan dimanfaatkan lagi.

“Semangat berbagai pihak untuk mengembangkan maggot perlu diberi apresiasi. Namun, fokus utama mengurangi sampah harus selalu menjadi prioritas,” tegas Suhanda, praktisi senior maggot sejak tujuh tahun lalu. [LN-03] redaksi@limbahnews.com
Limbahnews.com adalah media informasi limbah/sampah, solusi, teknologi, bisnis, industri, dan inovasi ekonomi sirkular. Platform ini juga melayani berbagai jasa, AMDAL, konsultasi, promosi, penguatan brand/citra, serta berbagai kerja sama atau kegiatan pelestarian lingkungan lainnya. Info lebih rinci melalui 081356564448.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...