Minggu, Juli 21, 2024

Creating liberating content

Limbah Sawit PTPN II...

Jakarta, Limbahnews.com - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) II, anak perusahaan PT Perkebunan Nusantara...

Bahlil Ingin Kemudahan Izin...

Aktivitas industri jangan mengabaikan lingkungan hidup.Jakarta, Limbahnews.com - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal...

PD PAL Minta Dana...

Jakarta, Limbahnews.com - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi mengkritisi permintaan anggaran...

Circulate Capital Luncurkan Pendanaan...

Mountrash membangun kemitraan dalam pengelolaan sampah plastik di Indonesia.Jakarta, Limbahnews.com - Circulate Capital...
BerandaKomunitasTPS Citra Raya...

TPS Citra Raya Tangerang Kurangi Sampah Organik dengan Maggot BSF

Tangerang, Limbahnews.com – Tempat pembuangan sampah (TPS) Citra Raya di Desa Ciakar, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, Banten, mulai menguraikan sampah organik dengan maggot black soldier fly (BSF). Dengan metode tersebut, limbah organik juga diolah menjadi pupuk organik yang bisa dimanfaatkan lagi.

Frans Yohanes selaku Manager Estate Management Citra Raya Tangerang menjelaskan upaya menguraikan sampah organik tersebut merupakan salah satu cara mengurangi beban sampah di TPS Citra Raya. Adapun TPS Citra Raya menampung sampah rumah tangga dan berbagai kegiatan bisnis di perumahan Citra Raya.
“Sampah organik bisa diolah untuk berbagai keperluan yang bisa dimanfaatkan lagi oleh warga maupun kegiatan lagi di Citra Raya. Ini juga akan mengurangi beban volume di TPS Citra Raya dan volume pembuangan ke TPA,” jelas Frans yang bertanggung jawab atas TPS Citra Raya tersebut.

Baca : KIPRAH Jadi Solusi, Pemkab Tangerang Giatkan Maggot BSF

Dikatakan, maggot yang diolah dari sampah organik itu bisa menjadi sarana edukasi berbagai pihak dan juga bagian dari strategi pengembangan perumahan di bawah naungan PT Ciputra Residence yang semakin ramah lingkungan.
“Ada pihak ketiga yang bermitra dengan kami untuk bersama-sama mewujudkan pemukiman yang asri dan ramah lingkungan. Ini menjadi sarana edukasi warga dan semua pihak di Citra Raya agar semakin memantapkan pemilahan sampahnya sejak awal,” katanya, belum lama ini.

Kasgot hasil konversi limbah organik.

Saat ini, Citra Raya Tangerang bermitra dengan Golden Waste dan Limbahnews.com untuk mengoptimalkan dan mendaur ulang berbagai limbah organik. Golden Waste yang berbasis di Tapos, Depok, Jawa Barat memiliki sejumlah pengalaman dalam daur ulang sampah organic, termasuk dengan maggot BSF.

Baca : 10 Penyebab Polusi Udara, Sudah Gawatkah di Indonesia?

David Laiherman dari Golden Waste mengatakan uji coba yang sudah berjalan tiga bulan menunjukkan hasil yang cukup bagus sehingga target mengurang limbah pun diharapkan bisa tercapai. “Tahap awal ini sudah mulai olah limbah organik sekitar 0,5 ton per hari dan secara bertahap akan terus ditingkatkan,” katanya.

Baca : Dicoret, Usulan Pinjaman Jakpro Rp 4 Triliun untuk ITF Sunter

Suhanda Winata salah satu pakar maggot BSF dari Golden Waste mengatakan metode pengolahan dengan maggot BSF cukup optimal sekalipun banyak tantangan pada tahap awal. Namun, dengan pengalamannya yang cukup panjang, hasilnya mulai menggembirakan. “Target kita bukan budidaya atau menghasilkan maggot BSF tetapi bagaimana sampah organik di Citra Raya bisa diolah dan dimanfaatkan lagi,” jelasnya.

Seperti diketahui, upaya manajemen Citra Raya ini sebenarnya sejalan dengan langkah Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, untuk mengatasi masalah persampahan sebagai bagian dari Program Kita Peduli Permasalahan Limbah dan Sampah (KIPRAH). Salah satu solusi yang terus didorong adalah pengembangan bikonversi limbah organik dengan maggot black soldier fly (BSF/lalat tentara hitam/LTH). [LN-03] redaksi@limbahnews.com

Limbahnews.com adalah media informasi limbah/sampah, solusi, teknologi, bisnis, industri, dan inovasi ekonomi sirkular. Platform ini juga melayani berbagai jasa, AMDAL, konsultasi, promosi, penguatan brand/citra, serta berbagai kerja sama atau kegiatan pelestarian lingkungan lainnya. Info rinci melalui 081356564448.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...