Minggu, Juli 14, 2024

Creating liberating content

Daur Ulang 14,5 Juta...

Gideon W KetarenJakarta, Limbahnews.com – Aplikasi pengelolaan sampah, Mountrash.com, terus meningkatkan kinerjanya dalam...

Jepang Ingin Impor Limbah...

Ilustrasi pengolahan limbah sawit (Mikrobios.id)Medan, Limbahnews.com - Jepang tertarik mengimpor limbah dari kelapa...

Tipping Fee Bantargebang Rp...

Bekasi, Limbahnews.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi bakal menerima uang sebesar Rp 379...

Eka Sari Lorena Masuk...

Jakarta, Limbahnews.com - PT Eka Sari Lorena Transport Tbk (LRNA) tengah menjajaki bisnis...
BerandaKomunitasDiresmikan Wali Kota...

Diresmikan Wali Kota Jakut, Enam Mobil ATM Sampah Keliling Siap Beroperasi

Jakarta, Limbahnews.com – Enam mobil ATM Sampah Keliling dari Bank Sampah Induk (BSI) Mountrash Jakarta Utara akan disiagakan di setiap kecamatan. Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim, resmi meluncurkan Mobil ATM Sampah Keliling sebagai inovasi baru untuk mengatasi persoalan sampah melalui upaya pemilahan sejak dini.
Layanan Mobil ATM Sampah Keliling ini terkoneksi dengan Bank Sampah Induk Mountrash di Jalan Rusun Kebersihan, RT 12/03, Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Cilincing.

Nonton : BSI Mountrash Jakarta Utara Tawarkan Teknologi Penukaran Sampah Digital

Ali mengatakan, untuk menjadi nasabah ATM Sampah Keliling ini, warga cukup mengunduh aplikasi MountCare dan aplikasi Mountrash. Kemudian, melakukan scan barcode di Mobil ATM Sampah Keliling atau tong-tong sampah yang tersedia serta scan produk kemasan lalu masukkan sampah.

“Nanti, dengan sendirinya nominal tabungan akan tertera di aplikasi sesuai jumlah sampah yang ditabung. Prosesnya sangat mudah dan cepat tak harus pergi ke bank sampah, karena ada mobil keliling yang akan menjemput sampah warga, syaratnya harus punya rekening Bank DKI,” ujarnya, Jumat (1/10).

Nonton : ATM SAMPAH Perdana BSI MOUNTRASH Jakarta Utara; AYO!!! Yang Punya PickupBox Yang Ingin Gabung?!!!

Kasudin Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Utara, Achmad Hariadi, juga mengimbau masyarakat yang ingin menabung sampah bisa menggunakan aplikasi MountCare, Mountrash, dan memiliki rekening tabungan Bank DKI.
Menurutnya, aplikasi MountCare dan Mountrash yang dikembangkan BSI Mountrash Jakarta Utara sebagai strategi pengurangan sampah dari sumber. “Manfaatkan kemudahan ini sehingga penanganan sampah di wilayah Jakarta Utara akan semakin efektif dan bermanfaat bagi masyarakat,” tuturnya dalam laman https://utara.jakarta.go.id.

Selain mobil ATM Sampah Keliling juga disiapkan tong-tong Mountrash yang rencananya akan ditempatkan di sekolah, tempat ibadah, dan Pos RW. “Ini membutuhkan dukungan dari semua untuk membangun komunikasi dan koordinasi dalam mewujudkan Jakarta bebas dari sampah dan masyarakat merasakan bersih lingkungannya,” ujarnya.

Direktur Bank Sampah Induk Mountrash Jakarta Utara, Gideon W Ketaren mengatakan, semua transaksi penukaran sampah bisa dilakukan hanya dengan menggunakan telepon seluler android. “Seluruh transaksi penukaran sampah di Jakarta Utara melalui Bank DKI semoga bisa berjalan dengan baik. Mohon dukungan juga dari para asosiasi supaya kita mendapatkan the best price,” ujarnya. [LN-4] redaksi@limbahnews.com

Limbahnews.com adalah media informasi limbah/sampah, solusi, teknologi, bisnis, industri, dan inovasi ekonomi sirkular. Platform ini juga melayani berbagai jasa, AMDAL, konsultasi, promosi, penguatan brand/citra, serta berbagai kerja sama atau kegiatan pelestarian lingkungan lainnya. Info rinci melalui 081356564448.

Continue reading

Cara Mudah Mengelola Sampah Organik Dengan Biopori

Sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat di Indonesia. Sampah organik ini dapat berasal dari sisa makanan, daun-daunan, ranting-ranting, dan sebagainya.Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), dari 17 juta ton timbulan...

Kreatif dan Ramah Lingkungan: Jam Tangan Estetik ini Terbuat Limbah Kayu

Jika berada di tangan yang tepat, bahkan limbah yang biasanya berakhir di tempat sampah, bisa diubah menjadi sesuatu indah dan bernilai ekonomi.Itulah yang dilakukan oleh Ryssa Putri, wanita berusia 24 tahun asal Blitar. Dia menekuni usaha pembuatan jam tangan...

Masker Bedah Didaur Ulang untuk Hasilkan Gas Kaya Hidrogen

Masker bedah telah menjadi barang yang sangat umum dalam kehidupan sehari-hari kita selama pandemi COVID-19. Meskipun dunia telah berhasil melewati masa kritis ini, limbah masker medis ini masih menjadi masalah bagi lingkungan.Namun, peneliti dari Kaunas University of Technology (KTU)...